Tahun Ini, Jemaah Haji Jabar Diberangkatkan dari Bandara Kertajati Majalengka

Bandara Kertajati di Majalengka akan digunakan sebagai embarkasi pemberangkatan jemaah haji asal Jabar mulai tahun ini.

Tahun Ini, Jemaah Haji Jabar Diberangkatkan dari Bandara Kertajati Majalengka
Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Bandara Kertajati untuk Pelaksanaan Haji dan Umrah di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (10/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, memutuskan Bandara Kertajati di Majalengka akan digunakan sebagai embarkasi pemberangkatan jemaah haji asal Jabar mulai tahun ini.

Keputusan ini diambil dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Bandara Kertajati untuk Pelaksanaan Haji dan Umrah di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Rapat ini dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Asisten Daerah Bidang Hukum dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Daud Achmad, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari, serta Direktur PT BIJB Muhamad Singgih.

Ditemui usai rapat, Wagub Uu Ruzhanul Ulum menuturkan dalam rapat tersebut diputuskan bahwa Bandara Kertajati akan dipakai untuk penerbangan dan embarkasi haji mulai tahun ini.

"Sudah disepakati oleh tiga menteri, memutuskan bahwa tahun ini Bandara Internasional Kertajati dipakai untuk embarkasi haji dari Jawa Barat," ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Lebih lanjut, Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan, sebenarnya Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bersama operator bandara sudah mempersiapkan beberapa hal terkait keperluan sarana pendukung seperti asrama haji.

Bandara Kertajati BIJB Sertifikasi Runway 3.000 Meter, Siap Buka Penerbangan Umrah Mulai September

Pemindahan Rute dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati Dibahas Setelah Lebaran

Ada dua alternatif lokasi yang bisa digunakan untuk asrama yakni di Cirebon atau Majalengka.

"Jadi, di saat ada keputusan ini kami tidak terlalu sibuk karena sudah ada persiapan. Pada prinsipnya kami siap untuk asrama," ungkap Uu.

Menindaklajuti keputusan ini, Wagub bersama Gubernur berencana menggelar rapat koordinasi bersama para pihak terkait, Senin depan.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved