Memaknai Bulan Ramadhan Melalui Mural di Kampung Cibunut Kota Bandung

Di Kampung Cibunut, RW 07, Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, bulan ramadhan diisi dengan mural

Memaknai Bulan Ramadhan Melalui Mural di Kampung Cibunut Kota Bandung
Tribun Jabar/ Syarif Pulloh Anwari
Memaknai Ramadhan lewat Mural di Kampung Cibunut, RW07, Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jumat (10/5/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Di Kampung Cibunut, RW 07, Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, bulan ramadhan diisi dengan pembuatan mural bertema "Meramai" yaitu Menuju Ramadhan Damai.

Dari pantauan Tribun Jabar di lokasi, tampak beberapa gambar bertemakan ramadhan bertuliskan ajakan mengaji "Geura Ngaos Barudak" artinya segera mengaji anak-anak.

Ada tujuh mural bertemakan Ramadhan itu tersebar ditembok warga di antaranya di RT 07, RT 06, RT 03, dan RT 01.

Mural tersebut kolaborasi antara warga Kampung Cibunut yang tergabung dalam Cibunut Finest, Komunitas Street Art Dakwah, Komunitas Khadijahands, komunitas Bangun Bandung dan Komunitas Lentera Jalanan.

Divisi Kreatif Cibunut Finest, Pungki Juliano (22) mengatakan kegiatan ini berkolaborasi warga dengan komunitas mural di Bandung, dengan tujuan menyambut bulan suci Ramadhan dengan kegiatan dakwah melalui gambar mural.

Salat Tarawih 23 Rakaat Hanya 7 Menit, Salat Dipimpin Anggota DPRD Indramayu

"Sebenarnya yang ini kolaborasi antara warga Cibunut dengan komunitas street art dakwah dan komunitas mural Bandung, fokusnya ke dakwah. Temanya Meramai" Menuju Ramadhan Damai pengen sebelum ramdahan menyampai pesan lewat gambar, bisa dakwah dan antusias warga (Cibunut) menyambut bulan Ramadhan," ujar Pungki kepada Tribun Jabar dilokasi, Jumat (10/5/2019).

Gambar mural ini dikerjakan oleh warga dan komunitas sebanyak kurang lebih 100 orang dari tanggal 26,27,28 April 2019.

Pungki mengatakan mural yang isinya berdakwah ini juga sebagai pengingat bagi warga sekitar untuk menjalankan amal-amalan di bulan suci Ramadhan serta dengan adanya mural dakwah ini bisa mempererat tali silaturahmi warga di sini.

Mudik Lebaran 2019, Sebelum Tancap Gas di Tol Trans Jawa, Isi Dulu Saldo e-Toll, Minimal Segini

"Lebih antusias untuk bersiap diri di bulan Ramadhan dan sebagai pengingat serta lebih mempererat silaturahmi, lebih guyub lagi antar warganya," ujar Pungki.

Pungki menambahkan nanti pemuda dan warga di sini akan mengadakan sebuah festival atau pasar takjil untuk memeriahkan ramadhan tahun ini.

"Nanti tanggal 18 Mei 2019, akan diadakan Ramadhan Festival seperti pasar takjil, di sana ada kegiatan lain seperti akustik, permainan dan ditutup dengan pengajian," ujarnya.

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved