Baru Uji Coba Rudal Jarak Pendek, Kim Jong Un Perintahkan Latihan Serangan Jarak Jauh untuk Ini

Baru sehari setelah uji coba rudal jarak pendek, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, sudah menginstruksikan pasukannya latihan serangan jarak jauh.

Baru Uji Coba Rudal Jarak Pendek, Kim Jong Un Perintahkan Latihan Serangan Jarak Jauh untuk Ini
KCNA via Sky News
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un ketika menyaksikan uji coba rudal terbaru yang berlangsung pada Sabtu pekan lalu (4/5/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, PYONGYANG - Baru sehari setelah uji coba rudal jarak pendek, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, sudah menginstruksikan pasukannya latihan serangan jarak jauh.

"Beliau mempelajari beberapa serangan jarak jauh dan segera memerintahkan para prajurit untuk melatihnya," demikian laporan KCNA via AFP, Jumat (10/5/2019).

Laporan itu muncul setelah Korea Selatan menyampaikan bahwa Korea Utara sedang menguji coba rudal jarak pendek, pada Kamis (9/5/2019).

Sempat Dituduh Bunuh Kakak Kim Jong Un, Wanita Vietnam Ini Bebas Hari Ini, Pembunuh Masih Misteri

Dilaporkan BBC, dua rudal itu ditembakkan pukul 16.30 waktu setempat dan mencapai ketinggian sekitar 50 km sebelum jatuh ke laut, demikian pernyataan Kantor Staf Gabungan Korea Utara.

Senjata itu diluncurkan dari Kusong, sekitar 160 km dari Pyongyang. Analisis detil saat ini tengah dilakukan oleh intelijen Amerika Serikat (AS).

Uji coba itu merupakan yang kedua setelah Sabtu pekan lalu (4/5/2019), Korea Selatan juga menyatakan Korea Utara menembakkan sejumlah "proyektil" jarak pendek.

Agenda Korea Utara itu terjadi buntut buntunya perundingan Presiden AS Donald Trump dengan Kim Jong Un di Hanoi, Vietnam, akhir Februari 2019.

Pernyataan terbaru yang dikeluarkan KCNA tidak menyebut jenis senjata yang digunakan.

Media pemerintah Korea Utara itu menghindari penggunaan kata semisal rudal maupun roket.

KCNA melaporkan, uji coba rudal yang diklaim sukses itu dilakukan untuk memeriksa kesiapan serta reaksi cepat pasukan Korea Utara ketika mempertahankan negara.

"Uji coba itu benar-benar menunjukkan kekuatan unit yang sangat siap untuk memanggul segala operasi yang diperkukan di medan perang," ulas KCNA. (Kompas.com/Ardi Priyatno Utomo)

Organisasi Pembangkang Rahasia Ini Ancam Gulingkan Rezim Kim Jong Un, Klaim Punya Segudang Rencana

Korea Utara Pangkas Jatah Makan Warganya Gara-gara Ini

Sudah Banyak Dipuji Donald Trump, Korea Utara Tetap Dianggap Mimpi Buruk bagi Investor Asing

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved