Adu Jotos Warnai Sidang Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara KPU Lombok Tengah

sejumlah peserta sidang pleno rekapitulasi penghitungan suara terlihat adu jotos. Beberapa peserta lainnya terdengar berteriak.

KOMPAS.com/IDHAM KHALID
Suasana pleno di pemungutan suara KPU Lombok Tengah di gedung eks DPRD Lombok Tengah, Kamis, (9/5/2019) 

TRIBUNNJABAR.ID, LOMBOK TENGAH- Kericuhan hingga adu jotos mewarnai sidang pleno rekapitulasi penghitungan suara KPU Lombok Tengah di kantor eks DPRD Lombok Tengah, Jumat (10/5/2019).

Dari pantauan Kompas.com, sejumlah peserta sidang pleno rekapitulasi penghitungan suara terlihat adu jotos. Beberapa peserta lainnya terdengar berteriak.

Menurut Hadi, seorang saksi dari paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, kericuhan terjadi karena ada kubu yang menginginkan draf DA1 hasil pleno di tingkat kecamatan dibagikan.

Alasannya agar bisa melihat hasil perolehan suara. Mereka khawatir jika tidak diberikan, terjadi manipulasi.

Ada kubu lain yang hanya ingin dibacakan tanpa dibagikan hardcopy pada peserta. 

Baliho Ucapan Selamat Kepada Prabowo - Sandiaga di Jatinangor Sudah Tak Terlihat

Bawaslu Kabupaten Bandung Ingatkan Warga Menahan Diri, Sebelum Ada Penetapan Resmi KPU

"Ada dua kubu yang berselisih, satunya ingin draf DA1 hasil pleno di kecamatan dibagikan, dan ada yang ingin hanya dibacaka," kata Hadi.

Kericuhan tersebut akhirnya dilerai oleh peserta lainnya.

Menurut Hadi, sidang pleno ini sangat molor tidak sesuai jadwal. "Kemarin jadwal mulainya jam 9.00 tapi malah molor sampai jam 11.00," ujarnya.

Karena tidak menemukan kesepakatan, sidang pleno ditunda usai salat Jumat. Sebelumnya, kericuhan sempat terjadi saat sidang pleno di KPU Lombok Tengah, Rabu (8/5/2019).

Lebih dari 200 orang mendatangi kantor eks gedung DPRD Lombok Tengah yang menjadi lokasi pleno rekapitulasi penghitungan suara pada Rabu malam.

Massa kemudian menjadi ricuh dan melakukan tindakan anarkistis lantaran merasa kesal sidang pleno ditunda akibat jumlah komisioner belum lengkap. Massa bahkan melemparkan bom molotov ke gedung tersebut. (Kontributor Lombok Tengah, Idham Khalid)

Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul Adu Jotos Antar-peserta Terjadi saat Rapat Pleno KPU Lombok Tengah

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved