VIDEO Tanggapan Manajemen RSUD dr Slamet Garut, Tak Adanya Komunikasi dari Keluarga Almarhumah

Manajemen RSUD dr Slamet Garut berdalih jika jenazah yang diangkut menggunakan taksi daring ke Kecamatan Banjarwangi karena tak adanya komunikasi dari

GARUT - Manajemen RSUD dr Slamet Garut berdalih jika jenazah yang diangkut menggunakan taksi daring ke Kecamatan Banjarwangi karena tak adanya komunikasi dari keluarga untuk menggunakan mobil jenazah.

Sebelumnya pada Rabu (1/5/2019), Dandi warga Banjarwangi harus menggunakan taksi daring untuk mengantar jenazah ibunya ke rumah duka. Dandi disebut tak sanggup membayar biaya ambulans sebesar Rp 900 ribu.

Akhirnya Dandi memilih menggunakan jasa taksi daring dengan membayar sebesar Rp 400 ribu.

Humas RSUD dr Slamet Garut, Iwa Kartiwa membantah membiarkan pihak keluarga mengangkut jenazah dengan taksi daring. Saat kejadian tersebut, dua mobil jenazah tengah digunakan ke Kecamatan Cibiuk dan Bandung.

Menurut Iwa, tarif dari rumah sakit menuju Banjarwangi sekitar Rp 400 ribu. Hitungannya sudah berdasar Perbup nomor 764 tahun 2011. 

"Soal adanya tarif Rp 900 ribu itu masih kami telusuri. Tapi untuk tarif itu sesuai yang terpampang sebesar Rp 400 ribu," ujar Iwa di RSUD dr Slamet Garut, Kamis (9/5/2019).

Berdasarkan Perbup tersebut, ongkos ambulasn per 10 kilometer sebesar Rp 100 ribu. Jika jaraknya di atas 10 kilometer, maka ditambah sebesar Rp 2.500 per kilometer.

"Itu tambahan per kilometernya dihitung pulang pergi. Jadi untuk ke Banjarwangi kalau dihitung biayanya sebesar Rp 400 ribu," katanya.

Menurutnya, penggunaan ambulans bisa diberi keringanan dan pembebasan biaya. Asal memenuhi persyaratan seperti melampirkan surat keterangan tidak mampu (SKTM).

"Kalau situasinya urgent, persyaratan itu bisa diakhirkan. Nanti kan ada supervisor yang akan menilai dan memberi kebijakan soal biaya ambulans ini," ucapnya.

Video dan artikel lainnya klik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=iV_9JQY6MjI&feature=youtu.be
Penulis: Firman Wijaksana
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved