Polisi Kaji Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Cihampelas, Cipaganti, dan Sukajadi Kota Bandung

Kajian terhadap rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di kawasan Sukajadi, Cipaganti hingga Cihampelas, Kota Bandung

Polisi Kaji Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Cihampelas, Cipaganti, dan Sukajadi Kota Bandung
Tribun Jabar/Zelphi
Macet Cipaganti - Laju kendaraan tersendat cenderung berhenti saat berbelok di jalan Cipaganti mengarah jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Jumat (15/5).Banyaknya warga yang memanfaatkan masa liburan akhir minggu yang bersamaan dengan libur nasional berakibat pada kemacetan dibanyak ruas jalan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Kajian terhadap rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di kawasan Sukajadi, Cipaganti hingga Cihampelas, Kota Bandung mengingat tiga titik itu rawan macet.

"Jalur itu masuk jalur padat. Maka diupayakan rekayasa lalu lintas di kawasan tersebut. Masih terus dikaji," ujar Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza Pratidina di Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (9/5/2019).

Informasi beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan bahwa sejumlah ruas jalan di Kota Bandung akan direkayasa selama bulan puasa. Dia menuturkan, pada dasarnya rekayasa arus lalu lintas ini diupayakan sejalan dengan kebutuhan.

Dia membenarkan skenario awal rekayasa arus lalu lintas yang disiapkan serupa dengan informasi yang beredar. Misalnya, Jalan Sukajadi mulai dari persimpangan Pasteur-RSHS akan dibuat satu arah menuju utara.

Semula, jalur itu berlaku dua arah untuk kendaraan menuju utara maupun Selatan. Hal ini diberlakukan untuk mengurangi hambatan yang membuat arus lalu lintas tersendat.

Di jalur tersebut misalnya, ada Jalan Sukagalih. Saat berlaku dua arah, kendaraan yang akan masuk atau keluar jalan tersebut harus memotong laju kendaraan lain, sehingga kerap menimbulkan sendatan arus lalu lintas.

Tak Hanya Kurma, 7 Buah Ini Cocok Dihidangkan Saat Berbuka dan Sahur Puasa Ramadhan 1440 H

"Sementara kalau dibuat satu arah, crossing itu tidak ada, karena kendaraan harus jalan ke arah atas," katanya.

Rekayasa lalu lintas di Jalan Cipaganti, yang semula satu arah menuju utara, akan dibalik menjadi satu arah menuju selatan. Hal ini berkaitan dengan kepadatan di Jalan Cihampelas.

"Saat ini pengendara tidak banyak pilihan, dari arah utara menuju selatan, harus ke Cihampelas, karena kalau ke Sukajadi sudah padat, kalau ke arah Dago terlalu jauh," katanya.

Meski begitu, kata Reza, skenario tersebut masih memerlukan pembahasan dan kajian lebih lanjut dari berbagai pihak. 

Jam Berapa Buka Puasa Hari Ini 9 Mei 3 Ramadhan? Berikut Jadwal Waktu Buka Puasa Bandung & Kota Lain

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved