Pemilu 2019

Mengaku Temui Banyak Masalah di Pemilu 2019, Fraksi PKS DPR RI Usul Hak Angket dan Bentuk Pansus

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F - PKS) mengajukan usul Hak Angket dan Pembentukan Pansus Penyelenggara Pemilu 2019

Mengaku Temui Banyak Masalah di Pemilu 2019, Fraksi PKS DPR RI Usul Hak Angket dan Bentuk Pansus
TRIBUNNEWS
Anggota DPR RI Ledia Hanifa 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F - PKS) mengajukan usul Hak Angket dan Pembentukan Pansus Penyelenggara Pemilu 2019 dalam rapat paripurna ke-16 DPR RI, awal masa sidang ke V tahun sidang 2018-2019, Rabu (8/5/2019).

Usulan tersebut disampaikan anggota Fraksi PKS Ledia Hanifa Amaliah, dalam interupsi pertama di rapat paripurna tersebut.

Ledia Hanifah memaparkan, dalam penyelenggaraan Pemilu 2019, pihaknya menemukan banyak persoalan muncul di lapangan, semisal terjadinya berkali-kali kesalahan input data suara hasil pemilihan, meninggalnya lebih dari 500 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan ribuan lainnya menderita sakit, hingga soal pencoblosan surat suara.

Pemkot Bandung Beri Santunan kepada 8 Keluarga Petugas KPPS yang Meninggal Dunia

Beda Pendapat Rocky Gerung & Adian Napitupulu Soal Kematian Banyak Petugas KPPS, Sempat Debat Sengit

“Terkait hal ini maka Fraksi PKS memandang perlu dilakukan Hak Angket yang dilanjutkan dengan pembentukan Pansus Penyelenggara Pemilu 2019, agar kami semua bisa bersama melakukan evaluasi secara penuh penyelenggaraan Pemilu 2019, menyelidiki pula masalah jatuhnya korban petugas KPPS meninggal dunia serta yang angkanya sudah termasuk persoalan salah input dalam sistem perhitungan perolehan suara," kata Ledia Hanifah melalui siaran pers yang diterima, Kamis (9/5/2019).

Ledia Hanifah juga mengingatkan bahwa Hak Angket sendiri adalah hak bagi Anggota Dewan yang terlindungi dalam Undang-undang, sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 20A ayat 2 dan 3 juga termaktub dalam pasal 79 Undang-undang no 17 Tahun 2014 Tentang MD3.

Karenanya, Ledia Hanifah kemudian mengajak semua anggota DPR RI untuk bersama mendukung usulan Fraksi PKS menggunakan Hak Angket dan membentuk Pansus Penyelenggaraan Pemilu 2019 untuk menjadi bahan evaluasi agar hal seperti ini tidak terulang lagi pada masa mendatang.

Dokter Curiga KPPS Meninggal Bukan Karena Kelelahan: 22 Tahun Jadi Dokter Belum Nemu Mati Kelelahan

Dedi Mulyadi Imbau Jangan Politisasi Gugurnya Petugas KPPS, Sebaiknya Keluarganya Disantuni

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved