Bolak-balik Cina-Indonesia 5 Tahun Pakai Visa Kunjungan, WNA Cina Malah Jualan Aksesoris

Selama lima tahun, WNA Cina, Shu Aixiano (55), bolak-balik Cina - Indonesia untuk berjualan aksesoris di Palopo, Sulawesi Selatan.

Bolak-balik Cina-Indonesia 5 Tahun Pakai Visa Kunjungan, WNA Cina Malah Jualan Aksesoris
KOMPAS.com/AMRAN AMIR
Seorang WNA asal Tiongkok dideportasi pihak Keimigrasian kota Palopo, Sulawesi Selatan, karena menyalahgunakan Visa, Rabu (08/05/2019) 

TRIBUNJABAR.ID, PALOPO - Selama lima tahun, WNA Cina, Shu Aixiano (55), bolak-balik Cina - Indonesia untuk berjualan aksesoris di Palopo, Sulawesi Selatan.

Saat menjalankan bisnis tersebut di Indonesia, Shu Aixiano, menggunakan visa kunjungan. Akhirnya ia dideportasi Kantor Imigrasi Kelas III Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Rabu (08/05/2019) sore.

Dia diamankan petugas Imigrasi Kota Palopo saat berjualan aksesoris perhiasan di Pasar Bolu, Kabupaten Toraja Utara.

Penangkapan Shu Aixiano berawal dari laporan masyarakat sekitar terkait keberadaan WNA Cina yang kerap bertransaksi dengan warga di pasar.

4 WNA Cina Diamankan Saat Akan Nikahi Gadis di Karangnunggal Tasikmalaya, Tak Bisa Tunjukan Dokumen

Menurut pihak Keimigrasian Kota Palopo, yang bersangkutan telah 20 kali bolak balik China-Indonesia sejak tahun 2014 dengan modus berjualan aksesoris perhiasan.

"Yang bersangkutan masuk ke Indonesia menggunakan visa kunjungan. Tapi saat berada di Indonesia, dia ternyata mencari nafkah atau berkerja. Tentu ini menyalahi izin tinggalnya," kata Raden Haryo Sakti, Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Palopo dilansir dari Kompas.com di ruang kerjanya, Rabu (8/5/2019).

Rencananya Shu Aixiano akan dideportasi ke negaranya melalui Bandar Udara Ngurah Rai, Bali.

Menurut Raden Haryo, modus yang digunakan Shu Aixiano di Indonesia adalah berjualan aksesoris dengan cara berpindah-pindah.

"Hanya tempatnya berpindah-pindah. Tapi masih di wilayah Sulawesi. Untuk itu dia akan ditangkal masuk ke Indonesia selama enam bulan. Untuk masuk lagi ke Indonesia, dia harus melewati proses yang selektif," ujarnya. (Kompas.com/Amran Amir)

Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya Sudah Deportasi 8 WNA Ilegal yang Tinggal di Priangan Timur

WNA Tiongkok yang Dikabarkan Bakal Menikahi Gadis Tasikmalaya, akan Dideportasi Pihak Imigrasi

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved