Bandara Kertajati BIJB Sertifikasi Runway 3.000 Meter, Siap Buka Penerbangan Umrah Mulai September

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka akan membuka penerbangan umrah pada September 2019

Bandara Kertajati BIJB Sertifikasi Runway 3.000 Meter, Siap Buka Penerbangan Umrah Mulai September
istimewa
Jemaah umrah berangkat dari BIJB Kertajati, Sabtu (22/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka akan membuka penerbangan umrah pada September 2019. Bandara ini pun kian siap menyelenggarakan penerbangan haji untuk calon haji asal Jabar.

Direktur PT BIJB, Muhamad Singgih, mengatakan jika sebelumnya penerbangan umrah dari Kertajati harus transit dulu melakukan technical landing di India, September nanti penerbangan dapat langsung ke Madinah di Arab Saudi.

Penyediaan rute direct flight ini berkaitan denfan panjang runway atau landasan pacu di Bandara Kertajati, dari awalnya 2.500 meter, kini sudah diperpanjang jadi 3.000 meter. Sertifikasinya akan terbit Juni 2019 dan ditargetkan bisa melakukan penerbangan langsung ke Madinah September 2019.

Tidak hanya rute ke Tanah Suci, katanya, penambahan panjang runway ini membuat Bandara Kertajati bisa membuka layanan penerbangan internasional lainnya dan juga penerbangan menggunakan pesawat berbadan besar.

"Per 20 Juni 2019, akan selesai sertifikasi runway yang diperpanjang dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter. Sehingga bisa penerbangan direct dari Kertajati ke Madinah. Insyaallah, September nanti bisa direct penerbangan umrah dari sini," kata Singgih pada acara Pembinaan dan Pengawasan Travel Umroh dalam Rangka Penerbangan Umroh dari Bandara Kertajati, di Bandung, Kamis (9/5/2019) petang.

Emil Akan Pindahkan Rute Penerbangan dari Husein ke Kertajati, Penggiat Pariwisata Tanggapi Begini

Singgih mengatakan MoU dengan Bandara Madinah telah ditandatangani sehingga para penumpang dari Bandara Kertajati akan mendapat fasilitas khusus di Bandara Madinah. Hal ini disebabkan Bandara Kertajati telah menjalin hubungan brother airport dengan Bandara Madinah.

Menurut Singgih, proses sertifikasi tersebut hingga saat ini masih diproses di Kementerian Perhubungan dan secara umum tidak ada masalah dalam proses sertifikasi tersebut. Bahkan, pihak kementerian menyatakan prosesnya berlangsung lancar.

Singgih mengatakan pihaknya telah menyiapkan lounge umrah dan haji di lantai tiga Bandara Kertajati dan lounge lainnya yang dikelola pihak ketiga di lantai dua. Masing-masing lounge memiliki kapasitas 300 orang.

"Di lantai tiga bandara, itu letaknya sebelah kiri pintu gerbang. Di lantai tiga itu yang utama. Lounge umrah ini bisa menampung 300 pax dan di sana dilengkapi oleh sembilan musala," kata Singgih.

Menurut Singgih, dalam acara tersebut ada 60 biro travel umrah dari berbagai daerah termasuk Jawa Tengah yang siap menyukseskan pelaksanaan layanan umroh dari Bandara Kertajati.

"Jadi kalau pun mengejar waktu satu kali penerbangan umrah dari Bandara Kertajati per hari, kami kira itu bisa-bisa saja," katanya.

Pemindahan Rute dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati Dibahas Setelah Lebaran

Ketua Forum Komunikasi dan Silaturahmi Pengelola Travel Haji dan Umrah (FKS Patuh) Wawan Ridwan menambahkan pihaknya siap mendukung rencana penerbangan umroh dari Bandara Kertajati.

"Kami dari FKS Patuh siap mengaktifkan umrah dari Bandara Kertajati tapi harus ada tindak lanjutnya terkait rekomendasi dari kami seperti harga tiket yang kompetitif dan tidak ada beban transit," kata Wawan.

Wawan mengatakan potensi umrah di Provinsi Jawa Barat sangat besar yakni sekitar 200 ribu jamaah per tahun dan jumlah ini diprediksi meningkat. Tidak hanya dari Jabar bagian timur, bandara ini dapat menjadi tempat pemberangkatan umrah warga Jateng bagian barat dan utara. (Sam)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved