Selama Bulan Ramadan, Dishub Kota Cimahi Tingkatkan Ramp Check Untuk Bus

Selama bulan Ramadan Dinas Perhubungan Kota Cimahi bakal meningkatkan ramp check atau pemeriksaan kelaikan kendaraan bagi angkutan umum

Selama Bulan Ramadan, Dishub Kota Cimahi Tingkatkan Ramp Check Untuk Bus
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Dishub Kota Cimahi saat melaksanakan Gakum di Jalan Cilember, Kota Cimahi, Kamis (2/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Selama bulan Ramadan Dinas Perhubungan Kota Cimahi bakal meningkatkan ramp check atau pemeriksaan kelaikan kendaraan bagi angkutan umum, khususnya mobil bus.

Pemeriksaan terhadap angkutan umum itu sangat diperlukan untuk memastikan kondisi semua komponen masih dalam keadaan berfungsi, seperti rem, lampu, kondisi ban dan sebagainya.

Kepala Seksi Angkutan, Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, ramp check tersebut akan dilakukan dua kali selama bulan Ramadan tahun ini.

"Kita akan melakukan aramp check dua kali, untuk waktunya nanti pada pertengahan bulan Mei dan jelang lebaran," ujar Ranto saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Rabu (8/5/2019).

Pemkot Beri Kadeudeuh kepada para Peserta STQH Kota Bandung yang Telah Menjadikan Juara Umum

Pemeriksaan tersebut, akan dilakukan terhadap bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang kerap digunakan untuk mengangkut penumpang menjelang lebaran nanti.

Sementara tujuan utama dalam ramp check tersebut, kata Ranto, untuk keselamatan berlalu lintas dan meminimalisir kecelakaan mobil angkutan, khususnya jelang mudik lebaran nanti.

Bocah Kelas 2 SD di Garut Pikul Gerobak Baso Tahu ke Sekolah, Bandingkan Ukuran Gerobak dan Tubuhnya

"Selain pemeriksaan kelaikan, kelengkapan surat berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan bukti Uji KIR akan diperiksa," kata Ranto.

Dalam pelaksanaannya nanti, Dinas Perhubungan Kota Cimahi, bakal bekerja sama dengan aparat kepolisian dari Polres Cimahi.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved