Luar Biasa, Pria Tunanetra Ini Bisa Hafal Alquran 30 Juz

Hanya butuh 4 tahun bagi Nu'man untuk menghafalkan semua ayat dan surat yang ada di dalam kitab suci umat Islam tersebut.

Luar Biasa, Pria Tunanetra Ini Bisa Hafal Alquran 30 Juz
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Nu'man Tsabits (tengah) saat tadarus bersama murid-muridnya. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Meski kondisinya memiliki keterbatasan fisik, seorang santri penyandang disabilitas tunanetra di lingkungan Sekolah Luar Biasa (SLB) A Negeri Cimahi, Nu'man Tsabits (24) bisa menjadi hafiz atau penghafal Alquran.

Tak tanggung-tanggung, pria kelahiran Majalengka, 5 Mei 1995 ini bisa hafal 30 juz Alquran.

Hanya butuh 4 tahun bagi Nu'man untuk menghafalkan semua ayat dan surat yang ada di dalam kitab suci umat Islam tersebut.

Saat melaksanakan kegiatan tadarus yang biasa dijalankan saat bulan Ramadan, dia tidak menggunakan Alquran Braille.

Kendati demikian dia terdengar lancar saat melafalkan setiap ayat, layaknya orang normal yang tengah membaca Alquran.

Nu'man mengaku, menjadi penyandang disabilitas tunanetra sudah dia alami sejak lahir. Namun karena memiliki tekad yang kuat untuk menjadi orang sukses dunia akhirat, ia bisa bersekolah hingga jenjang SMA.

"Habis lulus SMA tahun 2014 saya inginnya kuliah, tapi tidak ada biaya karena orangtua harus membiayai sekolah adik-adik saya. Akhirnya orangtua menyeruh saya mondok (mesantren)," ujarnya saat ditemui di SLB A Negeri Cimahi, Selasa (7/5/2019).

Cerita Saefudin, Penyandang Tuna Netra yang Lahirkan Ratusan Hafiz Alquran

Sebetulnya, kata dia, pada usianya menginjak 6 tahun matanya pernah dioperasi, bahkan dokter pun sudah menyatakan berhasil. Namun setelah menjalani operasi ia melakukan aktifitas yang dilarang dokter, sehingga matanya tidak bisa disembuhkan.

"Mungkin itu awal jalan Allah untuk menjadikan saya seorang hafiz Alquran. Saya pun tetap menjalani kedaan seperti itu, hingga akhirnya orangtua juga menyuruh untuk menghafal Alquran di Pesantren," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved