Dokter Curiga KPPS Meninggal Bukan Karena Kelelahan: 22 Tahun Jadi Dokter Belum Nemu Mati Kelelahan

Dr Ani Hasibuan mengatakan beban kerja yang diemban petugas KPPS tidak begitu menguras tenaga hingga menyebabkan kematian.

Dokter Curiga KPPS Meninggal Bukan Karena Kelelahan: 22 Tahun Jadi Dokter Belum Nemu Mati Kelelahan
kolase Tribun Jabar/Capture Youtube TVONE
dokter curiga anggota KPPS yang meninggal bukan karena kelelahan 

TRIBUNJABAR.ID - Tercatat 554 petugas Kelompk Penyelenggara Pemungutan Suara ( KPPS) meninggal dunia.

Dugaannya, mereka meninggal karena kelelahan bekerja saat Pemilu 2019.

Dalam Catatan Demokrasi Kita edisi Selasa (8/5/2019), seorang dokter spesialis syaraf, Dr Ani Hasibuan menyatakan analisisnya terkait insiden tersebut.

Ia mengatakan tidak mungkin hanya faktor kelelahan bisa menyebabkan kematian pada seseorang.

Menurut Dr Ani Hasibuan, penyebab kematian pada manusia ada dua, yakni jantung berhenti dan batang otak berhenti bekerja.

Dr Ani Hasibuan mengatakan beban kerja yang diemban petugas KPPS tidak begitu menguras tenaga hingga menyebabkan kematian.

"Saya melihat beban kerjanya KPPS. Itu beban kerjanya saya lihat tidak ada fisik yang sangat capek. Kan dia bergantian ada 7 orang. Ada aturan boleh berhantian," ucap Ani Hasibuan.

Menurutnya ratusan KPPS meninggal karena kelelahan adalah tidak tepat.

Bahkan, Ani Hasibuan mengatakan selama kariernya sebagai dokter ia tidak pernah mengalami pasien yang meninggal karena kelelahan.

Anggota KPPS di TPS 13 Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Ngadiono Supaat saat dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cakrabuana di Kelurahan Gegunung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Sabtu (20/4/2019).
Anggota KPPS di TPS 13 Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Ngadiono Supaat saat dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cakrabuana di Kelurahan Gegunung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Sabtu (20/4/2019). (istimewa)

"Jadi kematian karena kelelahan saya belum pernah ketemu. Saya ini sudah 22 tahun jadi dokter belum pernah saya ketemu adalah penyebab kematian karena kelelahan," ucap Dr Ani Hasibuan.

Halaman
1234
Penulis: Fidya Alifa Puspafirdausi
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved