Pengamat Politik Minta Bawaslu Kabupaten Cirebon Tegas dalam Menangani Kasus

Pengamat politik Kabupaten Cirebon, Afif Rifai, meminta Bawaslu agar tidak main mata dalam menangani setiap kasus yang dilaporkan oleh masyarakat

Pengamat Politik Minta Bawaslu Kabupaten Cirebon Tegas dalam Menangani Kasus
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Bawaslu Kabupaten Cirebon saat menyampaikan hasil kinerja selama tahun 2018 di kantor Bawaslu Kabupaten Cirebon, Rabu (16/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pengamat politik Kabupaten Cirebon, Afif Rifai, meminta Bawaslu agar tidak main mata dalam menangani setiap kasus yang dilaporkan oleh masyarakat.

Menurutnya, sangat rentan jika laporan itu tidak melalui pengawasan dan pengawalan.

Menurutnya, sebagai pengawas pemilu, Bawaslu diminta terus bersikap objektif dalam memproses setiap laporan yang masuk.

Artinya, lanjut kata Afif, jika hasil yang dilakukan pihak Bawaslu dalam mengkaji sebuah kasus itu hasilnya nyata berupa pelanggaran, maka putuskan bahwa hal itu memang pelanggaran.

"Jangan sampai hal yang memang diketahui berupa pelanggaran pemilu, tetapi diputuskan tidak ada unsur pelanggaran. Ini kan salah, jadi saya harap Bawaslu tidak 'main mata' dalam memproses sebuah kasus atau dugaan pelanggaran pemilu," ungkapnya kepada Tribun Jabar, Selasa (7/5/2019).

Dia meminta agar Bawaslu tidak hanya menampung setiap laporan yang masuk, melainkan harus mengevaluasinya dengan jelas.

"Jika mau dapat kepercayaan masyarakat, harusnya Bawaslu tegas, jangan main-main," kata Afif.

Ia mencontohkan dalam hal kasus atau laporan dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh beberapa calon legislatif di daerahnya dan sedang ditangani Bawaslu Kabupaten Cirebon.

"Apalagi kasus yang ditangani adalah caleg terpilih sebagai terlapornya. Jelas sangat rentan kalau tanpa pengawalan dan pengawasan atas kasus tersebut dari berbagai pihak," kata dia.

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved