3,7 Juta Warga Jakarta Akan Mudik ke Jabar, Ini Tiga Wilayah Tujuan Utama Mereka

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menyebut ada 3,7 juta warga dari Jabodetabek diprediksi masuk Jawa Barat.

3,7 Juta Warga Jakarta Akan Mudik ke Jabar, Ini Tiga Wilayah Tujuan Utama Mereka
Tribunjabar/Mega Nugraha
Kemacetan di Tol Jakarta Cikampek pada arus balik tahun lalu. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jawa Barat diprediksi bakal menjadi Provinsi yang paling sibuk selama mudik Lebaran 2019 mendatang.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menyebut ada 3,7 juta warga dari Jabodetabek diprediksi masuk Jawa Barat.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi Angkutan Lebaran Tahun 2019 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (7/5/2019).

"Hasil survei kita, bangkitan (pemudik) ada 3,7 juta warga Jabodetabek menuju Jabar," kata Budi dalam pemaparannya.

Ia menambahkan, ada tiga daerah di Jawa Barat yang paling banyak dikunjungi oleh pemudik.

Yakni, Bandung, Garut dan Tasikmalaya.

"Kota Bandung 775 ribu orang, Garut 230 ribu orang itu mencakup wilayah sekitarnya seperti Leles dan Gentong. Serta Tasikmalaya 213 ribu orang," ungkapnya.

Budi menjelaskan, jumlah penumpang angkutan umum tahun ini diprediksi mencapai 22,83 juta penumpang atau naik 4 persen dari tahun lalu.

Hasil survei, kata Budi, menunjukan 4,4 juta penumpang memilih moda transportasi bus dan 4,3 juta penumpang menggunakan mobil pribadi.

"Kereta api 2,4 juta penumpang, pesawat 1,4 juta penumpang dan sepeda motor 940 ribu.Sampai saat ini prediksi kami sepeda motor yang paling mendominasi untuk jalur Pantura," ungkapnya.

Sementara itu, untuk puncak arus mudik diprediksi berlangsung sejak 31 Mei-2 Juni sedangkan puncak arus balik diperkirakan berlangsung 9 Juni-11 Juni 2019.

Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : 3,7 Juta Pemudik dari Jabodetabek Diprediksi Masuk Jawa Barat

Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved