Ijtima Ulama Copot Jokowi-Maruf Amin, Habib Rizieq Shihab Tuduh Kecurangan, Bawaslu: Belum Lapor

Dalam Ijtima Ulama III dikeluarkan hasil rekomendasi untuk mendiskualifikasi pasangan calon presiden 01 Jokowi - Maruf Amin dari Pilpres 2019.

Kolaser Tribun Jabar/Tribunnews/ Instagram @jokowi.amin
Ijtima Ulama Copot Jokowi-Maruf Amin, Habib Rizieq Shihab Tuduh Kecurangan, Bawaslu: Belum Lapor 

TRIBUNJABAR.ID - Dalam Ijtima Ulama III dikeluarkan hasil rekomendasi untuk mendiskualifikasi pasangan calon presiden 01 Jokowi - Maruf Amin dari Pilpres 2019.

Saat jumpa pers, Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama Yusuf Martak mengatakan telah terjadi berbagai kecurangan dan kejahatan yang bersifat terstruktur, sistematis, dan masif ( TSM) dalam proses penyelenggaraan Pemilu 2019.

Oleh sebab itu, mereka mengadakan Ijtima Ulama III.

"(Karena itu kami) mendorong dan meminta Badan Pemenangan Nasional ( BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk mengajukan keberatan melalui mekanisme legal prosedural tentang terjadinya kecurangan dan kejahatan terstruktur, sistematis, masif dalam Pilpres," katanya.

Kemudian, Yusuf Martak mengatakan hasil Ijtima Ulama III mendesak Bawaslu membatalkan atau diskualifikasi paslon capres cawapres 01.

Konferensi pers jelang pelaksanaan Ijtima Ulama dan Tokoh III di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2019)
Konferensi pers jelang pelaksanaan Ijtima Ulama dan Tokoh III di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2019) (Tribunnews.com/Rizal Bomantama)

Dalam tayangan Mata Najwa Kamis (2/5/2019), Eggi Sudjana tak menampik bahwa Ijtima Ulama tersebut memang dihadiri oleh ulama yang mendukung Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

"Ijtima ulama, BPM itu yang diundang.

Ini suara Ijtima Ulama memang mendukung Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Ijtima Ulama, bukan BPN. Poin pentingnya adalah diskualifikasi itu Pasal 463 ayat 4, karena ada disebutkan di situ paslon jika terbukti dalam pengertian yang dimaksud kecurangan TSM, terstruktur, sistematis, dan masif, maka dapat dibatalkan pencalonannya," ucap Eggi Sudjana.

Guntur Romli dan Eggi Sudjana
Guntur Romli dan Eggi Sudjana (Tayangan Mata Najwa di Youtube Najwa Shihab)

Hal serupa juga disampaikan oleh Habib Rizieq Shihab dalam saluran Youtube Front TV pada Kamis (2/5/2019).

Halaman
123
Penulis: Fidya Alifa Puspafirdausi
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved