RS Mitra Kasih Sementara Tak Layani Peserta BPJS, Gara-gara Hasil Akreditasi Ulang Belum Keluar

Hasil akreditasi ulang belum keluar, RS Mitra Kasih tak layani peserta BPJS. Terhitung mulai 1 Mei 2019.

RS Mitra Kasih Sementara Tak Layani Peserta BPJS, Gara-gara Hasil Akreditasi Ulang Belum Keluar
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Pengumuman di RS Mitra Kasih. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Cimahi menghentikan sementara pelayanan Jaminan Kesehatan-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk Rumah Sakit Mitra Kasih, terhitung sejak 1 Mei 2019.

Pemberitahuan penghentian layanan BPJS tersebut ditempel di lingkungan rumah sakit yang berlokasi di Jalan Amir Machmud tersebut. Pemberitahuan bahkan tersebar di sejumlah media sosial.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dihentikannya layanan BPJS ini karena akreditasi rumah sakit yang berlaku selama tiga tahun telah kedaluwarsa atau belum diperpanjang.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, mengatakan, saat ini rumah sakit tersebut tengah menunggu akreditasi ulang yang sudah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Tapi hasilnya belum keluar, sehingga layananan BPJS-nya ditutup untuk sementara sampai turun sertifikat re-akreditasinya," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (2/5/2019).

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cimahi, Idham Cholid mengatakan, dihentikannya layanan JKN-KIS di Rumah Sakit Mitra Kasih karena tidak terpenuhinya syarat kerja sama sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan.

"Jadi tidak terpenuhi syarat kerja sama sesuai perundang-undangan yang berlaku, yaitu belum adanya sertifikat akreditasi rumah sakit," katanya.

Rumah Sakit Mitra Kasih di Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi.
Rumah Sakit Mitra Kasih di Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Pihaknya mengingatkan rumah sakit yang menjadi mitranya untuk memperbarui status akreditasi sesuai regulasi yang berlaku.

Akreditasi menjadi salah satu syarat wajib untuk memastikan peserta JKN-KIS memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Akreditasi ini tidak hanya melindungi masyarakat, juga melindungi tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit itu sendiri," ujar Idham Cholid.

Idham menambahkan, akreditasi sebagai persyaratan bagi rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan seharusnya diberlakukan sejak awal tahun 2014 seiring dengan pelaksanaan Program JKN-KIS.

"Namun ketentuan ini kemudian diperpanjang hingga 1 Januari 2019 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 99 Tahun 2015 tentang perubahan PMK 71 Tahun 2013 Pasal 41 ayat (3)," katanya.

Saat dikonfirmasi, pihak Rumah Sakit Mitra Kasih belum bisa dimintai keterangan karena yang berwenang memberikan penjelasan sedang tidak berada di tempat.

Untuk Layani Pasien BPJS, RSUD Cikalongwetan Lakukan Akreditasi - Kepala RSUD: Kami Ingin Paripurna

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved