Dua Angkot Diamankan Dishub Kota Cimahi, Hasil dari Pelaksanaan Gakum Kendaraan Hari Ini

Dishub Kota Cimahi bersama Satuan Lalu lintas Polres Cimahi mengamankan dua unit angkot saat melaksanakan Penegakan Hukum (Gakum) kendaraan

Dua Angkot Diamankan Dishub Kota Cimahi, Hasil dari Pelaksanaan Gakum Kendaraan Hari Ini
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Dishub Kota Cimahi saat menggelar Gakum Kendaraan di Jalan Cilember, Kota Cimahi, Kamis (2/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Perhubungan Kota Cimahi bersama Satuan Lalu lintas Polres Cimahi mengamankan dua unit angkot saat melaksanakan Penegakan Hukum (Gakum) kendaraan di Jalan Cilember, Kota Cimahi, Kamis (2/5/2019).

Berdasarakan pantauan Tribun Jabar, petugas gabungan tersebut memberhentikan sejumlah angkot, kemudian surat-suratnya diperiksa.

Apabila sopirnya tidak bisa menunjukkan atau tidak membawa surat kendaraannya langsung diberikan tindakan tilang.

Kepala Seksi Angkutan, Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan, dua angkot itu terpaksa diamankan karena surat-suratnya seperti STNK, surat uji KIR dan izin trayeknya kedaluwarsa.

"Selain itu kartu pengawas mati dan pengemudinya tidak memiliki SIM, sehingga barang buktinya (kendaraan) kami amankan oleh petugas," kata Ranto saat ditemui disela-sela Gakum.

Dishub Kota Cimahi Kenakan Tiga Pasal Berlapis pada Angkutan Barang Overload Saat Gakum

Selain mengamankan dua angkot, pihaknya juga memberikan sanksi tilang terhadap 32 kendaraan umum dan angkutan barang karena melanggar aturan yang sama.

"Kendaraan yang ditilang diantaranya dua unit angkutan barang karena suratnya kedaluwarsa dan membawang barang yang melebihi kapasitas atau over load," ujarnya.

Ia mengatakan, dua kendaraan tersebut dikenakan pasal berlapis, yakni Pasal 286, Pasal 288 dan Pasal 306 Undang-undang 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Tingkatkan Ketertiban Masyarakat Berlalu Lintas, Polres Cimahi Gelar Operasi Keselamatan Lodaya

Kanit Dikyasa, Satlantas Polres Cimahi, Ipda Deden Indrajaya, mengatakan, saat melaksanakan Gakum tersebut pihaknya banyak menemukan pengendara yang melanggar aturan.

"Seperti pengendara motor yang tidak memakai helm dan tidak membawa sim. Pengendara angkutan barang dan angkot tidak bisa menunjukan surat-suratnya, sehingga kami berikan tindakan tilang," katanya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved