Datang ke Garut Akhir Pekan Ini, Ada Festival Baso Aci, Makanan Khas yang Sering Dikirim ke Jepang

Baso aci kini sudah dikenal di berbagai daerah semisal Bandung dan Jakarta. Bahkan baso aci sudah sering dikirim penjual dari Garut ke Jepang.

Datang ke Garut Akhir Pekan Ini, Ada Festival Baso Aci, Makanan Khas yang Sering Dikirim ke Jepang
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Panitia penyelenggara festival baso aci mengadakan konferensi pers di kafe Jalan Ciwalen, terkait pelaksanaan kegiatan kuliner yang akan diadakan di Pendopo Garut, Kamis (2/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT- Penjual baso aci tak disadari banyak tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Garut. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa baso aci adalah satu di antara makanan khas dari Garut.

Baso aci kini sudah dikenal di berbagai daerah semisal Bandung dan Jakarta. Bahkan baso aci sudah sering dikirim penjual dari Garut ke Jepang.

Meski semakin dikenal, makanan berbahan tepung kanji itu belum diketahui asal usulnya. Anak muda di Garut pun mengadakan festival baso aci untuk mengenalkan baso aci sebagai makanan khas Garut.

"Baso aci ini jadi ikon Garut yang belum pernah terangkat. Produknya juga masih misterius siapa yang pertama buat. Lalu apakah memang dari Garut atau bukan," ujar Dhani, ketua penyelenggara saat menggelar konferensi pers di sebuah kafe di Jalan Ciwalen, Kamis (2/5/2019).

Festival baso aci akan digelar selama tiga hari di halaman Pendopo Garut. Mulai tanggal 3 sampai 5 Mei, sebelum memasuki Ramadan.

Tips Memilih Makanan Bergizi Saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar

Suka Makanan Jepang? Yuk Datang ke Ni Juu Go Resto, Sajikan Makanan dengan Suasana Berbeda

Selain mengenalkan baso aci, kegiatan itu juga diharapkan bisa jadi jalan agar diakui sebagai makanan khas Garut.

"Selama ini kan di Garut baru dodol, kopi, burayot, dan cokelat yang dikenal. Tapi baso aci belum masuk. Padahal penjualnya sudah banyak di Garut," katanya.

Dhani menyebut, akan ada 35 lebih penjual baso aci ternama di Garut. Penjualnya berasal dari wilayah utara hingga selatan Garut.

Pihaknya akan membagi tiga kategori dalam festival tersebut. Yakni legend, unik, dan hits. Untuk kategori legend berasal dari pedagang yang sudah berjualan di atas 15 tahun.

"Kami juga mau bikin naskah deklarasi yang ditanda tangani pemerintah dan pedagang beserta penyelenggara jika baso aci merupakan makanan khas di Garut," ucapnya.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved