Larangan Buang Sampah Sembarangan yang Bernada Ancaman Tak Ubah Prilaku Warga Sekitar Sungai Citarik

Larangan buang sampah sembarangan bernada ancaman yang dibuat warga Kampung Rancakemit, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, di sekitar Jalan Ci

Larangan Buang Sampah Sembarangan yang Bernada Ancaman Tak Ubah Prilaku Warga Sekitar Sungai Citarik
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Warga sekitar Sungai Citarik buang sampah sembarangan 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Larangan buang sampah sembarangan bernada ancaman yang dibuat warga Kampung Rancakemit, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, di sekitar Jalan Citarik Baru, tidak ubah dampak prilaku warga sekitar.

Warga sekitar, Gilang Cahyadi (32), mengatakan bahwa ia bersama beberapa rekannya pernah membuat plang larangan membuang sampah sembarangan bernada ancaman, namun plang tersebut kemudian dirusak.

Dalam plang tersebut, ia menuliskan "Barang siapa yang membuang sampah di sini, rezekinya akan diputus dan tidak akan bahagia dunia serta akhirat,"

"Tetap saja tidak takut, justru semakin banyak yang buang sampah di sini," kata Gilang di Jalan Citarik Baru, Rabu (1/5/2019).

Krisdayanti Wajah Baru di DPR RI, Puan Maharani Berjaya, Eva Sundari Sedih Kalah dari Adik Megawati

Gilang mengatakan, pada tiga tahun lalu, tumpukan sampah hanya seluas dua meter saja dan memiliki tinggi 20 sentimeter, namun saat hingga luar 50 meter persegi hingga tercecer ke bahu jalan.

"Yang buang sampah di sini tidak hanya warga di sini, tetapi warga luar juga," katanya.

Keberadaan TPS liar yang berada di seberang Sungai Citarik ini, berada di lahan kosong sekitar lahan pertanian milik warga seluas kira-kira 50 meter persegi dan memakan bahu sepanjang 100 meter.

Aroma busuk dari ceceran sampah tersebut, kerap tercium hingga radius 30 meter dan dihinggapi oleh banyak lalat, sehingga para pengendara yang melintas di Jalan Citarik Baru terlihat menghindari tumpukan.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, Rabu (1/5/2019), sampah yang dibuang ke TPS liar tersebut sebagian besar merupakan sampah domestik rumah tangga, berupa sampah plastik, kertas, sayuran, popok bayi, hingga potongan kain.

Warga Keluhkan TPS Liar di Jalan Citarik Baru Solokanjeruk Kabupaten Bandung

Baru Berusia 19 Tahun, Pemain Muda Ajax Amsterdam Ini Pecahkan Rekor di Liga Champions

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved