Hari Buruh Internasional, Ribuan Buruh Purwakarta ke Jakarta Tuntut Ini

Tuntutan tersebut diantaranya ialah cabut PP 78/2015, peningkatan kehidupan buruh agar lebih layak, perbaiki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, hapus

Hari Buruh Internasional, Ribuan Buruh Purwakarta ke Jakarta Tuntut Ini
Tribun Jabar/Haryanto
Suasana keberangkatan para buruh dari Purwakarta ke Jakarta pada Rabu (1/5/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Ribuan buruh dari Purwakarta yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berangkat ke Jakarta untuk bergabung dengan buruh lain dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, Rabu (1/5/2019).

Ribuan orang buruh itu bertolak menuju Jakarta menggunakan bus dan kendaraan pribadi dengan pengawalan oleh anggota kepolisian.

Koordinator Lapangan kegiatan tersebut, Prihantoro, mengatakan bahwa setidaknya ada 3200 orang yang akan bergabung dengan buruh lainnya di Jakarta.

"Berdasarkan data sampai tadi pagi, dari Purwakarta mencapai sekitar 3.200 orang yang ikut berangkat ke Jakarta," kata Prihantoro sesaat sebelum keberangkatan ke Jakarta dari Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Bungursari, Purwakarta.

Sepi, May Day di Kantor Disnakertrans Pemprov Jabar, Padahal Ada Hiburan Band dan Kuliner Gratis

Pada aksi May Day kali ini, para buruh dari Purwakarta akan bergabung di area unjuk rasa di area Indoor Senayan, Jakarta.

Menurut Prihantoro pihaknya akan menyuarakan 10 tuntutan rakyat (Sepultura).

Tuntutan tersebut diantaranya ialah cabut PP 78/2015, peningkatan kehidupan buruh agar lebih layak, perbaiki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, hapus sistem pekerja kontrak atau outsourcing dan lain-lain.

Selain menuntut kesejahteraan buruh, buruh juga menuntut keadilan demokrasi Pemilu 2019. Para buruh berharap penyelenggara Pemilu 2019 memperbaiki diri karena dugaan adanya kecurangan.

Buruh berharap agar ada pembenahan dalam pesta demokrasi yang dikhawattirkan akan berdampak pada kesejahteraan buruh.

Halaman
12
Penulis: Haryanto
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved