Setnov Menderita Jantung Koroner, Bisakah Konsumsi Masakan Padang yang Dikenal Tinggi Kolesterol

Anggota tim dokter Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Choky Simanjuntak mengatakan, terpidana kasus korupsi KTP elektronik

Setnov Menderita Jantung Koroner, Bisakah Konsumsi Masakan Padang yang Dikenal Tinggi Kolesterol
Istimewa
Setya Novanto jalani pemeriksaan di rumah sakit 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Anggota tim dokter Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Choky Simanjuntak mengatakan, terpidana kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto didiagnosis menderita sejumlah penyakit di tubuhnya.

Dari hasil diagnosis dan rekam medis, Setya Novanto menderita beragam penyakit, seperti chronic kidney disease (CKD) atau gagal ginjal kronis, coronary artery disease (CAD) atau kelainan pada pembuluh darah arteri koroner pada jantung, diabetes mellitus tipe 2, vertigo, dan radikulopati L4-5 atau penyakit yang berhubungan dengan saraf tulang belakang.

"Selain itu, ada komplikasi juga vertigo yang menyebabkan pusing, mual hingga muntah," ujar Choky di Kantor Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Selasa (30/4/2019).

Seperti diketahui, informasi Setnov sapaan akrab Setya Novanto berada di sebuah restoran masakan Padang di sekitar RSPAD Gatot Soebroto menimbulkan kegaduhan karena ia sedang menjalani pidana selama 15 tahun.

Belakangan, Kalapas Sukamiskin Bandung Tejo Herwanto dan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Liberty Sitinjak menyebut, Setnov memang menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto setelah direkomendasikan tim dokter.

Setya Novanto Kepergok Ada di Restoran Padang di Jakarta, KPK: Tolong Tanyakan ke Pak Kalapas

CANTIKNYA Nurul Bashirah, Pemenang Puteri Muslimah Indonesia 2019, Intip di Sini Foto-fotonya

"Direncanakan tindakan operasi EPS (Electrophysiology Study) untuk operasi memperbaiki irama jantung. Dengan penyakit yang diderita (Setya Novanto) jenis pengobatan (yang harus dilakukan secara) periodik," kata Choky.

Lantas, dengan menderita penyakit jantung koroner, bolehkah Setya Novanto mengkonsumsi makanan di restoran Padang, mengingat masakan Padang kaya akan kolesterol.

Sedangkan, dilansir dari berbagai sumber, penderita‎ kelainan jantung koroner, pantang menyantap masakan dengan kandungan lemak dan kolesterol tinggi.

Anggota KPPS Ini Sudah 12 Hari Tak Sadarkan Diri, Keluarga Bingung Biaya Perawatan Rumah Sakit

Hanya saja, belum diketahui apa saja masakan khas Padang yang dikonsumsi Setya Novanto. Liberty Sitinjak dan Choky Simanjuntak, pun belum mengetahui apa yang dikonsumsi Setnov saat berada di restoran Padang itu.

Halaman
123
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved