Kurangi Pengangguran di Era Digital, Emil Dardak Sebut Program Ini Strategis

Wagub Jatim ini mengatakan bahwa untuk menghadapi era 4.0, pihaknya tengah menerapkan program tantangan digital dalam pengelolaan SDM Jatim.

Kurangi Pengangguran di Era Digital, Emil Dardak Sebut Program Ini Strategis
KOMPAS.com/SLAMET WIDODO
Emil Dardak. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, hadir dalam Seminar Nasional sebagai rangkaian Dies Natalis 25 tahun Program Magister Studi Pembangunan SAPPK- ITB dan 100 Tahun ITB, sebagai satu di antara pemateri.

Dalam paparannya, Emil Dardak menjelaskan strategi Pemprov Jatim membangun sumber daya manusia (SDM).

Wagub Jatim ini mengatakan bahwa untuk menghadapi era 4.0, pihaknya tengah menerapkan program tantangan digital dalam pengelolaan SDM Jatim.

"Kami punya tiga sasaran prioritas Jatim untuk menguatkan sumber daya manusia, di antaranya menyiapkan calon lulusan, menyerap lulusan muda, dan meningkatkan daya saing angkatan kerja," ujarnya, saat ditemui Tribun Jabar di Aula Barat ITB, Senin (29/4/2019).

Ini 4 Karakter Wajib Dimiliki Generasi Milenial di Era 4.0 versi Wagub Jatim Emil Dardak Dardak

Untuk mempersiapkan sekitar 400 ribu pelajar per angkatan di Jatim, Pemprov Jatim akan memperkuat relevansi pendidikan vokasi untuk menjawab strategi industri.

Untuk menyerap lulusan muda, pihaknya mengembangkan ekosistem ketenagakerjaan melalui program yang ia sebut Job Marketplace Kewirausahaan (Milea), Professional Freelancer, Milenial Job Center, membuka peluang sertifikasi profesi dan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) intensif.

Emil Dardak menjelaskan bahwa dalam menghadapi tantangan digital, Pemprov Jatim menggelar BLK selama 3 bulan.

"Di sini dengan buat BLK 3 bulan kita bisa menyisihkan mana yang bersemangat dan mana yang tidak semangat," ujarnya.

Menurutnya, jika para lulusan dilatih hanya seminggu atau beberapa minggu maka sulit untuk melihat mental dan kesiapannya untuk bekerja.

Halaman
12
Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved