Pemilu 2019

Kisah Petugas PPS di Cilacap Pilih Pulang dari RS, Takut Tak Bisa Bayar, Bertugas Sampai Subuh

Bangkit Rizka Utami (21), sempat dirawat di rumah sakit karena mengeluh sakit, lelah, dan pusing, setelah bertugas menjadi petugas KPPS

Kisah Petugas PPS di Cilacap Pilih Pulang dari RS, Takut Tak Bisa Bayar, Bertugas Sampai Subuh
Istimewa
Petugas KPPS di Cilacap, Jateng sakit usai bertugas(Tangkapan Layar Kompas TV) 

TRIBUNJABAR.ID, CILACAP - Bangkit Rizka Utami (21), sempat dirawat di rumah sakit karena mengeluh sakit, lelah, dan pusing, setelah bertugas menjadi petugas KPPS di Desa Mujur Lor, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Meski kini sudah bisa berkativitas kuliah di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Jawa Tengah., Bangkit Rizka Utami masih dalam penyembuhan.'

Dia selalu konsumsi obat yang diresepkan oleh dokter.

Ayah Rizka, Mudlomir, menceritakan, setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Medika Lestari selama empat hari, kini Rizka telah mengikuti kegiatan di kampusnya.

"Sudah berangkat ke Purwokerto, Minggu sore kemarin. Dia kos di sana," kata ayah Rizka, Mudlomir, saat ditemui di Balai Desa Mujur Lor, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (29/4/2019).

Dua Pekan Setelah Pemilu 2019, 2 Anggota KPPS KBB Meninggal, 143 Lainnya Jatuh Sakit

Mudlomir menceritakan, anak ketiga dari lima bersaudara tersebut awalnya mengeluh tidak enak badan sehari pasca-pencoblosan. Rizka bertugas di TPS 12 Desa Mujur Lor hingga Kamis (18/4/2019) dini hari.

"Setelah pulang pukul 04.00 merasa tidak enak badan, terus tidur. Pagi harinya dia berangkat kuliah, sebenarnya badannya tidak fit, tapi tetap memaksakan berangkat kuliah. Malamnya pulang lagi, katanya nggak kuat, pusing," ujar perangkat Desa Mujur Lor ini.

Ratusan masyarakat Cirebon, melaksanakan Salat Gaib berjamaah dalam rangka mendoakan para pahlawan demokrasi yang meninggal pacapemilu di Masjid Agung Sumber, Cirebon, Jumat (26/4/2019)
Ratusan masyarakat Cirebon, melaksanakan Salat Gaib berjamaah dalam rangka mendoakan para pahlawan demokrasi yang meninggal pacapemilu di Masjid Agung Sumber, Cirebon, Jumat (26/4/2019) (Istimewa)

Keesokan harinya, anaknya dibawa ke puskesmas. Selanjutnya dirujuk ke rumah sakit untuk rawat inap karena didiagnosa menderita gejala tipus dan gangguan pada lambung.

Terkait kabar yang menyebut bahwa tidak bisa membayar biaya rumah sakit, Mudlomir mengaku sempat khawatir karena tidak memiliki BPJS Kesehatan.

"Saya tanya anaknya kira-kira gimana? Ya sudah pulang aja enggak apa-apa katanya," kata Mudlomir.

UPDATE: Sudah 304 Petugas KPPS Meninggal, 2.209 Lainnya Sakit

Halaman
123
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved