Dua Partai Biru Diprediksi Merapat ke Kubu Jokowi, PAN Paling Besar

Aisah menyebut, kedua partai biru tersebut sudah menunjukkan gejala kebimbangan dalam menentukan peta koalisi sebelum pilpres.

Dua Partai Biru Diprediksi Merapat ke Kubu Jokowi, PAN Paling Besar
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Presiden Joko widodo (tengah) berbincang dengan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional dalam acara buka puasa bersama Pimpinan MPR, di Rumah Dinas Ketua MPR, Jakarta, Jumat (2/6/2017). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Aisah Putri Budiarti memprediski dua partai politik  dalam Koalisi Adil Makmur pendukung nomor urut 02, Prabowo Subianto–Sandiaga Uno, berpotensi membelot.

Aisah mengatakan, dua partai yang identik dengan warna biru itu diprediksi berpindah ke kubu Jokowi – Maruf Amin.

Kedua partai biru yang dimaksud adalah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat.

Namun, Aisah menyebut PAN yang berpeluang besar untuk bergabung ke kubu Jokowi.

"Bahkan, peluang partai-partai biru yang bakal pindah, PAN lebih berpotensi dibandingkan Demokrat,” kata Aisah usai diskusi 'No People No Power: Silahturahmi Politik Paska Pemilu' di D'Hotel, Guntur, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2019).

Aisah menyebut, kedua partai biru tersebut sudah menunjukkan gejala kebimbangan dalam menentukan peta koalisi sebelum pilpres.

Hal itu, lanjut Aisah, PAN dan Demokrat memutuskan mendukung Prabowo-Sandi di detik-detik terakhir penetapan capres-cawapres.

Untuk itu, Aisah mengatakan, PAN punya peluang besar merapat ke kubu Jokowi.

Sebab, PAN tak memiliki kendala masa lalu.

Meski, Anggota Dewan Kehormatan PAN Amien Rais kerap melontarkan kritikan ke petahana.

"Amien Rais begitu keras terhadap Jokowi. Tapi dia tak punya jabatan struktural. PAN juga tak punya luka lama yang benar-benar susah diobati untuk masuk ke koalisi pemerintah. Seperti tahun 2016, PAN gabung koalisi pemerintah,” tutupnya.(*)

Editor: Ravianto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved