Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, Siswa SMA di Aceh Tak Jadi Kunjungi ITB & Unpad, Pilih ke Malaysia

Gara-gara tiket pesawat mahal, SMA di Aceh urung kunjungi ITB dan Unpad. Pilih ke universitas di Malaysia.

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, Siswa SMA di Aceh Tak Jadi Kunjungi ITB & Unpad, Pilih ke Malaysia
istimewa/SMA Sukma Bangsa/Kompas.com
Puluhan siswa SMA Sukma Lhokseumawe berfoto di depan kampus International Islamic University Malaysia, Sabtu (27/4/2019). (Foto SMA Sukma Lhokseumawe) 

TRIBUNJABAR.ID - Tiket pesawat yang mahal membuat 52 siswa dan lima guru SMA Swasta Sukma Bangsa, Kota Lhokseumawe urung berangkat ke Bandung.

Semula mereka berencana pergi ke Bandung untuk melakukan kunjungan studi.

Tujuannya beberapa kampus di Bandung.

Mereka kemudian memutuskan berangkat ke Malaysia dengan pertimbangan harga tiket yang lebih murah.

Kepala SMA Swasta Suka Bangsa Kota Lhokseumawe, Zubir, yang dihubungi melalui telepon mengatakan, awalnya mereka akan mengunjungi sejumlah kampus seperti ITB dan Unpad di Bandung.

Namun, setelah melihat harga tiket pesawat mereka batal berangkat dan memilih terbang ke Malaysia.

“Rencana awal, keberangkatan bulan Januari. Saat itu, harga tiket naik dua kali lipat. Saat kami berangkat kemarin harga tiket dari Bandara Kuala Namu Medan menuju Bandung berkisar antara Rp. 800.000 hingga Rp. 1.200.000. Naik menjadi 1.600.000 hingga 2.400.000 untuk sekali terbang,” kata Zubir di laman Kompas.com, Sabtu (27/4/2019).

Sebaliknya, dari Bandara Kuala Namu Medan menuju Kuala Lumpur, harga tiket hanya Rp 720.000 per siswa untuk sekali terbang.

“Maka opsi ke Malaysia kami pilih daripada ke Bandung, lebih mahal. Ini sungguh terasa berat bagi siswa dan guru,” kata Zubir.

Padahal, awalnya mereka berencana untuk melihat program ekonomi kreatif yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan mengunjungi sejumlah kampus di sana.

“Saya pikir sudah saatnya pemerintah serius mengurus soal harga tiket ini. Kami setiap tahun mengadakan studi visit ke luar Aceh, jika harga tiket begini terus, maka akan kami kunjungi luar negeri terus, karena tiketnya jauh lebih murah,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga Tiket Pesawat ke Bandung Mahal, Puluhan Siswa Aceh Pilih Berangkat ke Malaysia".

Editor: taufik ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved