Badan Museum Geologi Bandung Gelar Peringatan Hari Bumi Intenasional ke-49

Badan Museum Geologi Bandung menggelar kegiatan memperingati Hari Bumi Intenasional ke 49 di Museum Geologi Bandung

Penulis: Hilda Rubiah | Editor: Ichsan
tribunjabar/hilda rubiah
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Museum Geologi Bandung menggelar kegiatan memperingati Hari Bumi Intenasional ke 49 di Museum Geologi Bandung, Sabtu (27/4/2019).

Penyelenggaraan kegiatan ini bekerja sama dengan Ikatan Ahli Geologi dan Asosiasi Museum Indonesia Daerah (Amida), dan seluruh pemangku kepentingan di bidang energi dan sumber daya mineral (MSDM).

Rudy Suhendar, Kepala Badan Museum Geologi, mengatakan peringatan yang setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 22 April ini, upaya memberikan kesadaran kepada Masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan sekitar.

"Memperingati hari bumi merupakan bagian dari tonggak sejarah menumbuhkan kesadaran berupaya menjaga dan melestarikan bumi," ujar Rudy Suhendar, Kepala Badan Museum Geologi, saat ditemui Tribun Jabar di Museum Geologi, Sabtu (27/4/2019).

Rudy menjelaskan serangkaian acara yang dilaksanakan kali ini mengambil tema 'Harmoni Bumi Indonesia melalui Green Energy'.

Sementara tema Internasional yang telah ditetapkan oleh Jaringan Hari Bumi untuk tahun ini adalah Protect Our Species.

Dijelaskan Rudy, kegiatan dilaksanakan pihaknya itu paling tidak untuk memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat, mengajak untuk turut berperan aktif dalam melestarikan lingkungan hidup di mulai dari lingkungan keluarga.

"Mensosialisasikan peran energi dan sumber daya mineral dalam upaya pelestarian lingkungan yang bekelanjutan memasyarakatkan museum Geologi sebagai jendela informasi ke-bumian bagi seluruh masyarakat Indonesia," paparnya.

Esteban Vizcarra Yakin Cederanya Sembuh Sebelum Liga Dimulai

Adapun dalam acara peringatan ini dihadiri langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan.

Menteri ESDM itu mengatakan kendati (Badan Geologi) bukan unit pemerintahan yang bertanggung jawab menyelenggarakan acara tersebut, paling tidak pihaknya mengapresiasi semangat dan antusiasme ikut serta mengkampanyekan hari bumi tersebut.

"Menurut saya memperingati hari bumi ini sebaiknya yang menyelenggarakan itu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Ini memang harus bekerja sama yang baik dengan KLHK," jelasnya, saat ditemui Tribun Jabar di kesempatan yang sama.

Selain membuka acara peringatan hari bumi internasional itu, Ignasius Jonan juga melakukan kegiatan simbolis, menggambar mural dan meninjau pameran green energy.

LINK LIVE STREAMING RCTI MasterChef Indonesia Season 5 Sabtu 27 April 2019 - Tonton Langsung di SINI

Rudy berharap, kegiatan memperingati tersebut dapat terus berlangsung di tahun-tahun yang akan mendatang, dan diharapkan dapat memberikan manfaat yang nyata bagi Indonesia.

Selain acara seremonial memperingati hari bumi, terdapat kegiatan lainnya di antaranya Seminar Nasional, Talkshow, Pameran Green Energi, Launching ruang koleksi museum geologi, kampanye bebas plastik, lomba fasyen show dari bahan daur ulang, games edukatif, bazar kuliner, dan lain sebagainya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved