12 Pengawas Pemilu di Sumedang Menjalani Perawatan Intensif, Sakit Saat Kawal Proses Pemilu 2019

Sembilan belas anggota Bawaslu Sumedang sakit saat mengawal proses Pemilu 2019. Dua belas di antaranya masih menjalani perawatan.

12 Pengawas Pemilu di Sumedang Menjalani Perawatan Intensif, Sakit Saat Kawal Proses Pemilu 2019
Tribun Jabar/Haryanto
Ilustrasi penghitungan suara. 

TRIBUNJABAR.ID - Bawaslu Kabupaten Sumedang mencatat sedikitnya 19 anggotanya jatuh sakit dalam mengawal proses Pemilu 2019.

Dari jumlah tersebut, 12 di antaranya masih menjalani perawatan intensif di Poliklinik RSUD Sumedang hingga Sabtu (27/4/2019).

Menurut Komisioner Bawaslu Sumedang Ade Sunarya, hingga hari terakhir rapat pleno di tingkat PPK, tercatat ada 19 anggota Bawaslu Sumedang yang jatuh sakit akibat kelelahan menjalankan tugasnya selama Pemilu 2019 ini.

Ke-19 anggota itu terdiri dari anggota PTPS, Panwaslu kecamatan, hingga anggota Sekretariat Bawaslu.

"Hingga hari ini (Sabtu) total anggota kami yang jatuh sakit karena tugas berat pengawal Pemilu 2019 ini sebanyak 19 orang. Dua belas orang di antaranya saat ini masih menjalani perawatan intensif di Poliklinik RSUD Sumedang," ujarnya kepada KOMPAS.com melalui pesan singkat WhatsApp, Sabtu (27/4/2019) malam.

Ade menambahkan, total anggota PTPS sebanyak 3.631 orang, panwaslu kelurahan 7 orang, panwaslu desa 270 orang, dan panwaslu kecamatan 78.

Mereka telah bertugas sejak masa tenang Pemilu 2019 hingga menyelesaikan tugas pengawasan rapat pleno di tingkat PPK pada Sabtu ini.

"Alhamdulillah, yang 19 orang itu kondisi berangsung pulih dan tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi seperti di wilayah atau daerah lain," ujarnya.

Ade mengatakan, sebagai bentuk perhatian, Bawaslu Jawa Barat dan Pemprov Jabar memberikan santunan kepada anggota Bawaslu Sumedang yang jatuh sakit selama menjalankan tugasnya.

Ade berharap, hingga rapat pleno tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada Senin (29/4/2019) atau Selasa (30/4/2019) tidak ada lagi anggotanya yang jatuh sakit.

"Kami imbau seluruh anggota yang masih aktif bekerja agar lebih mengutamakan kesehatannya. Tugas pemilu kali ini memang berat, untuk itu dibutuhkan kondisi fisik dan psikis yang sehat," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kelelahan, 19 Anggota Bawaslu Sumedang Sakit, 12 di Antaranya Dirawat Intensif".

Editor: taufik ismail
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved