Gempa Landa Kompleks Pemkot Cimahi, ASN Dievakuasi ke Tempat Aman

Gempa landa kompleks Pemkot Cimahi. ASN dikumpulkan di tempat aman dalam simulasi berkaitan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

Gempa Landa Kompleks Pemkot Cimahi, ASN Dievakuasi ke Tempat Aman
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Simulasi bencana di Pemkot Cimahi. 

Laporan Waratawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi menggelar simulasi kebencanaan berkaitan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2019 di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jumat (26/4/2019).

Dalam simulasi HKBN tersebut diikuti sekitar 300 personel dari BPBD, PMI, Dinas Kesehatan, Tagana, Pemadam Kebakaran, dan para relawan kebencanaan se-Kota.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi, Nanang mengatakan, dalam simulasi tersebut, personel BPBD dan lainnya melakukan evakuasi ASN, kemudian dikumpulkan di tempat yang dianggap aman ketika terjadi gempa.

"Itu (simulasi) dilakukan agar masyarakat tahu cara menyelamatkan diri ketika terjadi bencana seperti gempa," ujarnya saat ditemui di usai pelaksanaan simulasi.

Selain untuk memperingati HKBN, kata dia, simulasi ini juga dilakukan untuk mengingatkan masyarakat, termasuk para pegawai di lingkungan Pemkot Cimahi agar mereka tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa.

Dengan adanya simulasi tersebut, kata Nanang, masyarakat diharapkan bisa lebih mengenal bahaya bencana, minimal masyarakat sudah bisa menyelamatkan diri sendiri bila terjadi gempa tersebut.

"Saya ingin masyarakat pada umumnya, termasuk yang berada di gedung perkantoran lebih menanamkan budaya kesiapsiagaan dimulai dari diri sendiri, keluarga dan kelompok," ucapnya.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD, Emir Faisal, mengatakan, simulasi tersebut juga dilakukan agar masyarakat bisa meningkatkan budaya kesiapsiagaan ketika menghadapi bencana.

"Jadi bukan menakut-nakuti ketika terjadi gempa, tapi kami ingin membuat masyarakat lebih waspada karena ketika mereka waspada, maka risiko bencana bisa dikurangi," katanya.

Bencana Terjadi di Bale Kota Tasikmalaya, Petugas BPBD Lakukan Vertical Rescue

Pj Bupati Cirebon Sebut Perempuan Faktor Penting dalam Penanggulangan Bencana

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved