Sempat Pingsan, Petugas KPPS di Kota Cimahi Itu Kini Masih Dirawat di Rumah Sakit

Ramdan Suryatana (28), Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 83 Kelurahan Cipageran

Sempat Pingsan, Petugas KPPS di Kota Cimahi Itu Kini Masih Dirawat di Rumah Sakit
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Ramdan Suryatana saat mendapat perawatan di RSUD Cibabat. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Ramdan Suryatana (28), Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 83 Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi harus mendapat perawatan di RSUD Cibabat.

Dia terpaksa menjalani perawatan selama tiga hari karena mengalami sesak napas akibat kelelahan setelah bertugas saat pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019 di wilayahnya.

Saat ditemui di ruang rawat inap nomor 313 Gedung C Lantai 3, Rabu (23/4/2019), Ramdan terlihat masih terbaring lemas, meskipun kondisinya saat ini sudah mulai membaik.

"Saya sakit setelah penghitungan surat suara karena sehari semalam kurang istirahat jadi kerjaannya itu sangat menguras tenaga," ujarnya.

Warga Pondok Baru, itu mengatakan, proses pemungutan dan penghitungan suara saat Pemilu Serentak tahun ini sangat memakan waktu lama hingga membuat kondisi kesehatannya semakin menurun.

Persib Tidak Jadi Memulai Liga 1 2019 pada 10 Mei, Ini Alasannya

"Apalagi tugas sebagai Anggota KPPS itu dimulai sebelum pelaksanaan pencoblosan, dengan menyiapkan logistik ditambah waktu itu kotak suaranya telat datang," ujarnya.

Akibat kondisi kesehatannya semakin menurun, kata dia, pada Minggu (21/4/2019) malam tiba-tiba ia mengalami sesak napas, bahkan ia sempat tidak sadarkan diri sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Ini Titik-titik Jalan Tol Cisumdawu yang Bisa Dipakai Mudik pada Lebaran Tahun Ini

"Kemudian, keluarga saya langsung membawa ke RSUD Cibabat. Saat itu saya langsung dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk pertolongan pertama," ucapnya.

Menurutnya, tugas petugas KPPS pada Pemilu serentak tahun ini memang sangat berat dan melelahkan karena ada lima jenis surat suara yang harus dikerjakan, yakni Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved