Mantan Bupati Cirebon Dituntut 7 Tahun Penjara, Ajukan Diri Jadi Justice Collaborator Ditolak Jaksa

Mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra dituntut tujuh tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi

Mantan Bupati Cirebon Dituntut 7 Tahun Penjara, Ajukan Diri Jadi Justice Collaborator Ditolak Jaksa
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra dituntut tujuh tahun penjara oleh  Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada sidang di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (24/4/2019).

Selain dituntut tujuh tahun penjara, jaksa juga menuntut agar terdakwa dicabut hak untuk dipilih selama lima tahun.

Menurut JPU KPK, Sunjaya bersalah karena telah menerima suap sesuai pasal 12 huruf b tentang tindak pidana korupsi dalam UU 31 tahun 1999 Jo pasal 55 ayat 1.

"Sunjaya sebagai pelaku utama suap, sesuai fakta persidangan kami tuntut tujuh tahun penjara," kata Jaksa KPK Iskandar Marwoto (24/4/2019).

Jaksa menegaskan perbuatan terdakwa telah melanggar norma hukum, serta kepercayaan publik sebagai kepala daerah. Jaksa meminta majelis hakim agar menjatuhkan hukuman tujuh tahun penjara dan denda Rp 400 juta subsider enam bulan penjara.

Hal yang meringankan dari terdakwa ialah bahwa Ia belum pernah dihukum dan mengakui kesalahannya. Sementara hal yang memberatkan, tidak mendukung pemerintah dalam memberantas korupsi, menodai kepercayaan masyarakat Cirebon, sebagai kepala daerah yang seharusnya memberi contoh baik.

Rencananya, sidang akan kembali digelar pada (8/5/2019) yang beragendakan pembacaan pleidoi. Setelah sidang, saat diminta komentarnya, Sunjaya mengaku sedang sakit.

Live Streaming The Fact Music Awards (TMA) 2019 Hari Ini 24 April Pukul 17.00 WIB, Ada BTS dan iKON

Pengacara terdakwa Wawan Suwandi, menyatakan akan menuangkan pleidoi terkait tuntutan JPU KPK pada persidangan yang akan digelar dua pekan lagi.

"Kami akan tuangkan dalam pleidoi nanti, banyak fakta persidangan yang diabaikan," kata Wawan Suwandi sembari meninggalkan ruang sidang.

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Seorang Muslim Menyambut Ramadhan, Perbanyak Istigfar & Siapkan Ilmu

Halaman
12
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved