KPU Kota Cimahi Kebut Input Data Hasil Pemilu 2019, Server KPU Sering Down, Petugas Bekerja 24 Jam

Server sering down, KPU Kota Cimahi kesulitan input data hasil Pemilu 2019. Mereka bekerja 24 jam.

KPU Kota Cimahi Kebut Input Data Hasil Pemilu 2019, Server KPU Sering Down, Petugas Bekerja 24 Jam
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Petugas KPU Kota Cimahi tengah melakukan proses input data hasil Pemilu 2019. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Proses input data rekapitulasi surat suara hasil Pemilu 2019 hingga saat ini terus dikebut oleh petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi.

Namun dalam proses input data tersebut, petugas KPU Kota Cimahi, mengalami kendala saat melakukan input data ke laman resmi karena secara teknis pelaksanaan Pemilu 2019 kali ini dinilai lebih rumit ketimbang pelaksanaan Pilgub 2018 dan Pilwalkot 2017.

Komisioner KPU Kota Cimahi, Djayadi Rachmat, mengatakan, dalam proses input data tersebut pihaknya mempekerjakan 22 petugas dengan menyediakan 22 komputer.

"Mereka kerja 24 jam, tapi hasilnya lambat karena proses entri yang terkendala server down," ujarnya saat ditemui di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Jalan Pesantren Kota Cimahi, Selasa (23/4/2019).

Berdasarkan hasil entri data terakhir, dari 1.572 TPS di 15 kelurahan, baru 193 TPS yang hasil rekapitulasinya berhasil diinput ke laman KPU atau hanya sekitar 12 persen.

Staf input data KPU Kota Cimahi, Aulia, mengatakan, kendala yang saat ini dialami oleh petugas input data tersebut yakni proses validasi hasil scan dan penghitungan suara hingga ke proses entri data.

"Sekarang data yang harus diinput lebih banyak jadi kalau server down, ya, hanya bisa menunggu, sedangkan targetnya minggu ini harus selesai," ujarnya.

Selain itu, kata dia, yang menjadi penghambat proses entri data setelah proses validasi terlewati yakni server yang sering crash atau down, sehingga proses input data pun kerap terganggu.

"Padahal tinggal proses validasinya saja karena angka yang diinput ke website itu tetap harus sesuai dengan yang discan petugas," katanya.

Kerap Macet, Sekitar Jalan Baros Kota Cimahi Bakal Dilebarkan

Jelang Ramadhan, Harga Daging Ayam Sudah Naik, Pedagang dan Pembeli di Cimahi Tak Heran Lagi

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved