UNBK di KBB Masih 29 Persen, Ada Anggaran Rp 8 Miliar untuk Tambah 1.000 Komputer Tahun Ini

Menurut Aa Umbara, pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Bandung Barat masih sekitar 29 persen. Sisanya masih ujian nasional pakai kertas dan pensil (UNKP)

UNBK di KBB Masih 29 Persen, Ada Anggaran Rp 8 Miliar untuk Tambah 1.000 Komputer Tahun Ini
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, memantau ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMP 3 Lembang, Senin (22/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG- Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, memantau ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMP 3 Lembang, Senin (22/4/2019).

Menurut Aa Umbara, pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Bandung Barat masih sekitar 29 persen dan sisanya masih melakukan ujian nasional menggunakan kertas dan pensil (UNKP).

"Alhamdulillah ujian nasional di hari pertama berjalan baik dan saya memantau ke SMP 6 dan SMP 3 Lembang. Di kedua SMP itu telah lakukan ujian dengan menggunakan komputer. Kami janji setiap tahun menambah fasilitas di setiap SMP terutama komputer," kata Aa Umbaradengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan KBB, Imam Santoso, seusai pemantauan UNBK di SMP 3 Lembang.

Saat ini, di Bandung Barat baru ada sebanyak 9 ribu pengadaan komputer di tingkat SMP. Rencananya, kata Aa, ada penambahan 1.000 komputer pada tahun ini.

"Tahun ini ada Rp 8 miliar pengadaan komputer dan terbagi untuk fasilitas lainnya. Kami targetkan dalam 5 tahun bisa tercapai pelaksanaan ujian berbasis komputer sampai 100 persen," ujarnya.

13 Ribu Siswa SMP di Purwakarta Ujian Nasional, Baru 89 Sekolah Gelar UNBK Mandiri

Tahun Depan, Pemkab Indramayu Targetkan Seluruh SMP Laksanakan UNBK Mandiri

Kesempatan sama, Kepala SMP 3 Lembang, Wawan Kuswandi menyebutkan ada sebanyak 363 siswa SMP 3 Lembang yang mengikuti UNBK.

Tak hanya itu, Wawan juga mengatakan ada siswa lainnya yang ikut menumpang mengikuti UNBK, semisal SMP Terbuka Lembang sebanyak 66 siswa dan SMP TK Eagle sebanyak 3 orang.

"Total ada 432 siswa yang ujian dan mereka dibagi dalam tiga sesi. Ini juga tahun pertama kami laksanakan UNBK di gedung sekolah sendiri, sebab tahun lalu kami menumpang di SMK Bina Wisata dan SMK PGRI," ucapnya. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved