Klinik Hewan di Bandung Ini Layani Pemeriksaan Gratis untuk Hewan Peliharaan, Ini Syaraf-syaratnya

berbagai penyakit hewan peliharaan bisa diobati di klinik hewan mulai dari penyakit kulit, flu, sakit mata, vaksin rabies sampai pemeriksaa USG

Klinik Hewan di Bandung Ini Layani Pemeriksaan Gratis untuk Hewan Peliharaan, Ini Syaraf-syaratnya
Tribun Jabar/Tiah SM
Pemeriksaan hewan peliharaan di klinik hewan Jalan Pelindung Hewan no 45, Kota Bandung, Senin (22/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Hewan peliharaan Anda sakit? Bawalah ke klinik hewan Jalan Pelindung Hewan no 45 Kota Bandung, gratis lho.

Di sana, berbagai penyakit hewan peliharaan bisa diobati di klinik hewan mulai dari penyakit kulit, flu, sakit mata, vaksin rabies sampai pemeriksaa USG dan melahirkan normal.

Klinik hewan milik Dinas Pangan dan Pertanian sejak tahun 2016 melayani pemeriksaan kesehatan gratis hewan peliharaan dengan syarat KTP dan Kartu Keluarga Kota Bandung.

"Hewan peliharaan mau melahirkan normal di klinik gratis tapi kalau sesar dirujuk ke dokter hewan terdekat karena kami tidak melayani sesar," ujar Kepala UPT Kiinik Hewan, Endang Suryahartati, Senin (22/4/2019).

Endang mengatakan, setiap harinya pelayanan kesehatan hewan terpaksa dibatasi sampai 40 ekor karena hanya memiliki dua dokter hewan.

Menurut Endang yang berobat klinik sebagian besar secara ekonomi menengah ke atas karena hewan peliharaan yang dibawa kucing dan anjing yang harganya mahal. Kucing kampung jarang dibawa berobat.

Kabar Gembira Bagi Pemilik Hewan Peliharaan, Ada Pengobatan Gratis di Klinik Hewan Dispangtan

Cegah Rabies pada Hewan Peliharaan, Disnakan KBB Siapkan 4.000 Vaksin

"Kami tak bisa menolak pasien datang dengan mobil mewah karena syarat berobat gratis hanya KTP Bandung, bukan kartu keterangan tidak mampu," kata  Endang.

Sementara itu, drh Yusuf Adi Nugroho mengatakan hewan yang datang ke Klinik tidak hanya berobat karena sakit tapi banyak juga yang check up kesehatan.

Yusuf mengatakan saat ini di musim pancaroba hewan yang berobat sebagian besar karena flu, radang pernapasan dan penyakit kulit.

"Untuk terhindar dari berbagai penyakit yang harus diperhatikan kebersihan kandang dan lingkungan," ujar Yusuf.

Menurut Yusuf, penyakit yang mematikan hewan virus dan kutu felicola subrotratus anoplura penghisap darah sehingga kucing kemas kehabisan darah dan mati.

"Periksakan hewan peliharaan secara rutin sebulan sekali walau tidak sakit, jangan sampai sudah sakit parah baru berobat," ujarnya.

Yusuf mengatakan di klinik itu, hewan tidak hanya periksa, suntik, dan diberi obat tapi juga ada edukasi bagi pemilik hewan soal cara merawat hewan peliharaan yang baik.

Hewan yang datang ke klinik Meidy jenis Persia berusia 18 bulan untuk check up kesehatan karena sedang birahi. Begitu juga Micha 12 bulan periksa. Kesehatan karena sedang menyusui.

Penulis: Tiah SM
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved