Masih Ada SMP di Kota Tasikmalaya yang Belum Bisa Gelar UNBK Mandiri, Begini Kata Pemkot

Menjelang UNBK SMP Senin (22/4) terdapat beberapa sekolah di Kota Tasikmalaya belum bisa menggelar UNBK mandiri di sekolahnya.

Penulis: Isep Heri Herdiansah | Editor: Dedy Herdiana
TRIBUN JABAR/CIPTA PERMANA
UNBK hari pertama di SMPN 2 Bandung Jalan Sumatera, Kota Bandung, Senin (23/4/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Menjelang UNBK SMP Senin (22/4) terdapat beberapa sekolah di Kota Tasikmalaya belum bisa menggelar UNBK mandiri di sekolahnya.

Hal itu dikarenakan belum tersedianya sejumlah fasilitas di antaranya komputer.

Pemkot Tasikmalaya mengakui saat ini belum bisa menganggarkan untuk pengadaan sarana-prasana di beberapa sekolah yang kekurangan.

"Jelang UNBK SMP, yang belum ada komputer informasinya akan menyewa atau ada juga yang menumpang," kata Walikota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf, Sabtu (20/4/2019).

Sejauh ini Pemkot mengupayakan pengadaan server di sejumlah sekolah yang belum bisa menggelar UNBK mandiri tahun ini.

"Ada 8 sekolah lagi, yang saat ini tengah diupayakan untuk pengadaan servernya dulu. Tahun depan mudah-mudahan semua SMP sudah UNBK mandiri," harapnya.

2 Ruang Kelas MTs Nurul Hatta Tertimpa TPT yang Ambruk, UNBK Hari Senin Tidak Akan Terganggu

M Yusuf menjelaskan, pengadaan komputer di sekolah-sekolah saat ini terkendala keterbatasan anggaran.

"Meski begitu saya imbau kepada semua murid yang akan melaksanakan UNBK yang penting persiapkan diri menghadapi ujian nanti. Jangan jadikan keterbatasan penghalang berprestasi," imbaunya.

"Pembekalan di tiap sekolah terus dilakukan, mudah-mudahan berjalan lancar pelaksanaannya di Kota Tasikmalaya," ucapnya.

Sebelumnya, tidak semua sekolah di Tasikmalaya siap mengadakan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan dilaksanakan mulai 22 hingga 25 April mendatang.

Kadisdik Kota Cirebon Imbau Sekolah Siapkan Genset Saat UNBK

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Dadang Yudhistira mengatakan ada beberapa kendala di beberapa sekolah sehingga belum siap menggelar UNBK.

Disebutkannya, belum siapnya menggelar UNBK dikarenakan masih terdapat keterbatasan sarana komputer dan jaringan internet.

Pihaknya bahkan tahun ini masih mengupayakan pengadaan komputer untuk di sejumlah sekolah negeri.

"Di Kota Tasikmalaya ada 24 SMP Negeri dan Swasta numpang ke sekolah lainnya. Kemudian ada 43 SMP akan menggelar UNBK secara mandiri," kata Dadang Yudhistira saat dihubungi, Kamis (18/4/2019).

Ia melanjutkan, beberapa sekolah yang menggelar ujian mandiri ada yang bekerjasama dengan SMA atau SMK yang ada di sekitarnya untuk kebutuhan fasilitas.

Gelar UNBK, Ratusan Sekolah di Tasikmalaya Harus Menumpang di Sekolah Lain

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved