Belasan Petugas Pemilu 2019 di Jabar Meninggal, Dipicu Serangan Jantung dan Kelelahan

Pemilu 2019 diwarnai kabar duka karena sejumlah petugas tempat pemungutan suara (TPS) meninggal dunia saat melaksanakan tugas,

Belasan Petugas Pemilu 2019 di Jabar Meninggal, Dipicu Serangan Jantung dan Kelelahan
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Bambang Setiabudi (52), suami dari almarhumah Siti Marianah (54) petugas KPPS yang meninggal dan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Rancasari, Nani di rumah duka, RT3/6, Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Jumat (19/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pemilu 2019 diwarnai kabar duka karena sejumlah petugas tempat pemungutan suara (TPS) meninggal dunia saat melaksanakan tugas, baik sebelum pencoblosan maupun pascapencoblosan.

‎"Sejauh ini kami menerima laporan ada 10 orang petugas TPS yang meninggal dunia di beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat. Kami sedang upayakan beri santunan kepada keluarga yang ditinggalkan karena mereka tidak terproteksi," ujar Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok di Jalan Garut, Jumat (19/4/2019).

Seperti diketahui, Pemilu 2019 terdiri dari pemilihan presiden, anggota legislatif DPR, DPRD kota kabupaten dan provinsi serta anggota DPD RI, dilakukan serentak‎. Kelelahan jadi salah satu dugaan penyebab kabar duka tersebut.

‎"Hampir semuanya ada yang serangan jantung, karena faktor kelelahan ada juga meninggal setelah menerima laporan kekurangan surat suara, mungkin stres, ada juga faktor kelelahan. Kami terima beberapa laporannya mungkin juga jadi bahan evaluasi ke depannya," ujar Rifqi Ali Mubarok.

Bagi KPU Jabar, petugas KPPS merupakan pahlawan demokrasi. Pihaknya berduka sedalam-dalamnya atas meninggalnya para pahlawan demokrasi di Pemilu 2019.

"Mereka pahlawan demokrasi di Pemili 2019. Atas nama KPU Jabar mengucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya semoga almarhum khusnul khotimah, mereka bisa mengawal pemilu dan demokrasi berjalan dengan baik dan bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan ketabahan dan ketawakalan atas musibah ini," kata Rifqi Ali Mubarok.

Bawaslu Garut Segera Panggil Caleg yang Diduga Terlibat Politik Uang

UPDATE Real Count KPU pemilu2019.kpu.go.id, Jokowi-Maruf Unggul, Apakah Prabowo-Sandi Akan Menyalip?

Ia mengakui, teknis pelaksanaan Pemilu 2019 ini memakan waktu cukup panjang. Pra pemilu saja, mereka disibukkan mengurus logistik dari mulai kotak suara‎ hingga surat suara.

Belum lagi urusan administrasi yang membutuhkan kejelian dalam memilah dan memeriksa setiap berkas dokumen kepemiluan.

Pascapencoblosan, tugasnya bukannya lebih ringan namun jauh lebih berat dan melelahkan.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved