Sejumlah Kotak Suara di Kota Cimahi Tidak Digembok dan Tidak Disegel

Sejumlah kotak suara berisi surat suara hasil pencoblosan yang disimpan di Gedung Serbaguna (GSG) Hardjuno, Jalan Encep Kartawirya, Kota Cimahi

Sejumlah Kotak Suara di Kota Cimahi Tidak Digembok dan Tidak Disegel
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Kotak suara yang tidak digembok di GSG Hardjuno, Kota Cimahi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Sejumlah kotak suara berisi surat suara hasil pencoblosan yang disimpan di Gedung Serbaguna (GSG) Hardjuno, Jalan Encep Kartawirya, Kota Cimahi ditemukan dalam kondisi tidak digembok dan tidak disegel, Jumat (19/4/2019).

Kotak suara yang disimpan di GSG Hardjuno tersebut dari Panitia Pemungutan Suara (PPK) Kecamatan Cimahi Utara. Namun hingga saat ini belum diketahui berapa jumlah kotak suara yang tidak tergembok itu.

Tetapi jika mengacu berdasarkan TPS di Kecamatan Cimahi Utara, maka ada 453 kotak suara pilpres yang disimpan di GSG Hardjuno tersebut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, Mochamad Irman, membenarkan jika sejumlah kotak suara tersebut tidak tergembok karena saat diterima dari KPPS kondisinya memang sudah seperti itu.

"Jadi sekarang pake ripet yang biasa karena dari KPPS kondisinya sudah rusak, mungkin ada beberapa yang rusak saat di perjalanan," ujarnya saat ditemui di GSG Hardjuno, Kota Cimahi, Jumat (19/4/2019).

Disinggung terkait kemanannya, Irman menyebut, bisa dijamin, meskipun bisa menimbulkan kecurigaan dari masyarakat Kota Cimahi.

Begini Kondisi Fisik Terakhir Achmad Jufriyanto Setelah Diterpa Cedera di Malaysia

"Nanti kita lihat saja pada hasil rekapnya, apakah terjadi dengan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan atau tidak," katanya.

Irman mengatakan, kecurigaan tersebut nantinya bisa dibuktikan saat penghitungan suara di tingkat PPK dengan rekap C1 plano.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Tri Soewandono melakukan pengecekan keamanan ke tempat penyimpanan kotak suara tersebut.

"Pengecekan ke setiap PPK ini untuk memastikan keamanannya, anggota juga sudah ada dari kemarin untuk datang ke sini," ujarnya.

Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Libur Panjang, PT KAI Daop 3 Cirebon Operasikan KA Tambahan

Dalam pengecekan tersebut, Agung mengatakan, langsung melakukan koordinasi dengan PPK, dan Panwascam terkait pelaksanaan rekapitulasi yang rencananya akan diundur.

"Tadi informasinya besok (Sabtu) baru melakukan penghitungan yang akan dilaksanakan sesuai aturan," katanya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved