Kotak Suara Pemilu di Purwakarta Mulai Bergeser ke Kecamatan untuk Direkap

Saat ini kotak suara hasil pemilu serentak di Purwakarta sedang bergerak menuju tingkat kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Kotak Suara Pemilu di Purwakarta Mulai Bergeser ke Kecamatan untuk Direkap
TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN
ilustrasi, kotak suara 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA -Saat ini kotak suara hasil pemilu serentak di Purwakarta sedang bergerak menuju tingkat kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Pergerakan menuju tingkat kecamatan itu terjadi pada H+2 pemungutan dan penghitungan suara di masing-masing TPS di Purwakarta, Jumat (19/4/2019).

Diketahui, sebelum bergeser ke tingkat PPK, kotak suara dari setiap TPS itu dikumpulkan terlebih dahulu ke tingkatan Desa.

"Saat ini kotak suara sudah mulai bergeser ke tingkat PPK dari desa," kata Ketua KPU Purwakarta, Ahmad Ikhsan Faturrahman saat ditemui di kantornya, Jalan Flamboyan, Nagrikaler, Purwakarta.

Keamanan dan kerahasiaan kotak suara yang kini telah berisi hasil pungut hitung suara pun tetap dijaga.

Bersama jajaran TNI-Polri serta Bawaslu dari wilayah hukum Purwakarta, kotak suara itu dipastikan dikawal menuju sejumlah gudang di tiap kecamatan.

Ahmad menjelaskan bahwa setelah selesai pengiriman dan semua kotak suara berada di kecamatan, rekapitulasi hasil penghitungan suara pun akan dilakukan.

Sejumlah Kotak Suara di Kota Cimahi Tidak Digembok dan Tidak Disegel

"Jika semua proses pendistribusian tersebut telah selesai dan sampai, besok Sabtu (20/4/2019) rekap akan dimulai," ucapnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Bawaslu Purwakarta pun melakukan pengawasan dan pengawalan secara ketat pergeseran kotak suara tersebut.

Divisi Pengawasan Bawaslu Purwakarta, Oyang Este Binos menyebut agar tidak ada kecurangan dari pihak manapun, dia menginstruksikan untuk pengawalan melekat.

Petugas dari Pengawas Pemilu Dengan (PPD) hingga Bawaslu pun mengawal ketat perpindahan kotak suara itu menuju tingkat kecamatan.

10 Ucapan Paskah 2019 untuk Keluarga, Sahabat, Pasangan Lewat Grup WhatsApp, Instagram, FB, Twitter

"Sejauh ini kami terus lakukan waskat (pengwasan melekat) terhadap pergeseran kotak. Selama ini hasilnya kondusif," ujar Binos.
 

-- 

Penulis: Haryanto
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved