Pemilu 2019

HEBOH Politik Uang di Tasikmalaya, Seorang Pengusaha Ramai Disebut Nyawer Hingga Rp 30 Miliar

Soal politik uang tersebut juga heboh menjadi buah bibir masyarakat di Tasikmalaya sekarang ini bersamaan dengan momen Pemilu 2019.

Kolase Tribun Jabar
Ilustrasi: Stop Politik Uang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Kebiasaan memberi uang atau sembako atau politik uang alias money politic untuk mengerahkan massa di sejumlah daerah di Indonesia sepertinya belum benar-benar hilang.

Soal politik uang tersebut juga heboh menjadi buah bibir masyarakat di Tasikmalaya sekarang ini bersamaan dengan momen Pemilu 2019.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Jabar, kejadian politik uang itu berlangsung pada malam sebelum hari pencoblosan, Rabu (17/4/2019) kemarin.

Uangnya dibagikan tanpa menggunakan amplop dan ditujukan untuk memenangkan calon secara paket, mulai dari capres, caleg DPR RI, dan caleg DPRD Provinsi.

Menurut informan berinisial JN warga kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, nominal uang yang diberikan menjelang pencoblosan kemarin jumlahnya tidak sedikit dan dilakukan hampir di semua kecamatan.

JN tidak menyebut secara jelas siapa yang melakukan politik uang tersebut, namun dia memberikan sinyal praktik itu dilakukan oleh seorang pengusaha besar di Kota Tasikmalaya.

Dia juga memberi gambaran bahwa anak pengusaha tersebut terjun menjadi caleg di Pileg 2019.

"Pilpres, caleg DPR RI sama DPRD Jabar kalah semua yang lainnya oleh anaknya si Bos. Kalah semuanya, se-Tasik, si Bos nge-bom (di duga bagi-bagi uang)," ungkapnya, Jumat (19/4/2019).

Jawa Barat Terbanyak Kasus Politik Uang Selama Masa Tenang Pemilu 2019, Begini Rinciannya

Dia menceritakan, sehari berselang pencoblosan, JN berkumpul bersama rekan-rekan lainnya untuk menerima perintah dari bosnya membagi-bagikan uang kepada warga untuk mencoblos satu paket, di antaranya capres, anaknya yang mencalonkan diri di DPR RI dan DPRD Provinsi.

Halaman
123
Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved