Pemilu 2019

Surat Suara Pileg DPRD Ciamis Tertukar dan Salah Alamat, Bawaslu Ciamis Segera Lakukan Ini

Bawaslu Ciamis segera mengklarifikasi ke KPU Ciamis menyusul terjadinya insiden ratusan lembar surat suara Pileg DPRD Kabupaten Ciamis yang nyasar ke

Surat Suara Pileg DPRD Ciamis Tertukar dan Salah Alamat, Bawaslu Ciamis Segera Lakukan Ini
(TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR)
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS Bawaslu Ciamis segera mengklarifikasi ke KPU Ciamis menyusul terjadinya insiden ratusan lembar surat suara Pileg DPRD Kabupaten Ciamis yang nyasar ke dapil yang berbeda.

Bawaslu mencatat surat suara dari beda dapil tersebut setidaknya terjadi di dua TPS di Kelurahan Sindangrasa dan 6 TPS di Kelurahan Cigembor. Jumlah surat suara nyasar tersebut mencapai 589 lembar.

“Totalnya mencapai 589 lembar, semuanya berupa surat suara untuk DPRD Kabupaten Ciamis Dapil Ciamis 6 nyasar ke  sejumlah TPS di Dapil Ciamis 1. Makanya kami dari Bawaslu akan segera melakukan klarifikasi ke KPU kenapa hal tersebut bisa terjadi,” ujar Komisioner Bawaslu Ciamis yang juga coordinator bidang Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Ciamis, Syamsul Maarif kepada Tribun Kamis (18/4/2019).

Klarifikasi tersebut menurut Syamsul diperlukan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

“Kalau dibilang tertukar, berarti ada surat suara dari Dapil Ciamis1  yang nyasar ke Dapil 6, dan ternyata di Dapil Ciamis 6 tidak ada surat suara yang kurang. Tidak ada surat suara dari Dapil 1 yang  nyasar ke Dapil 6. Surat suara di Dapil 6 cukup, tidak ada masalah. Hal tersebut tentu  mengherankan juga, dari mana asalnya surat suara Dapil 6 yang nyasar ke sejumlah TPS di Dapil Ciamis 1 tersebut. Untuk itu memang diperlukan klarifikasi,” katanya.

529 Surat Suara Pemilu 2019 di Ciamis Tertukar Dapil, Begini Solusinya

Ketua KPU Ciamis, H Agus Fatah Hidayat, kepada Tribun Jabar mengakui adanya kejadian  surat suara yang nyasar ke beda dapil saat hari pencoblosan Rabu (17/4/2019) lalu.

Seperti yang  terjadi di Sindangrasa dan Cigembor tersebut.

“Adanya kejadian surat suara nyasar beda dapil tersebut berawal dari kelalaian saat pengepakan waktu  kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara. Semacam human error,” ujar Agus Fatah Hidayat.

Sesuai dengan SE Kep Bersama No: 55.0870K/Bawaslu/400 tanggal 16/4/2019, kata Agus, untuk mengatasi surat suara yang nyasar tersebut dengan mengganti nya dengan sisa surat suara suara dari TPS terdekat di dapil yang sama.

“Sedangkan surat suara (yang nyasar) tapi sudh tercoblos, dihitung sebagai suara partai,” katanya.

Diduga Kelelahan Bekerja Saat Pemilu 2019, Ketua KPPS di Bekasi Tewas Ditabrak Truk

Apakah Sandiaga Uno Bisa Kembali Jadi Wagub DKI Jakarta?

Penulis: Andri M Dani
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved