Pemilu 2019

Soal Kotak Suara dan Surat Suara Hilang di Purwakarta dan Cirebon, KPU Jabar Tak Terima Laporan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat membantah terdapat kotak suara dan surat suara yang hilang diwilayah Purwakarta dan Cirebon saat Pemilu 2019, R

Soal Kotak Suara dan Surat Suara Hilang di Purwakarta dan Cirebon, KPU Jabar Tak Terima Laporan
Tribun Jabar/Ery Chandra
Komisioner KPU Jabar Divisi Perencanaan dan Logistik, Nina Yuningsih, di Kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Kamis (18/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat membantah terdapat kotak suara dan surat suara yang hilang diwilayah Purwakarta dan Cirebon saat Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019).

Komisioner KPU Jabar Divisi Perencanaan dan Logistik, Nina Yuningsih, mengatakan bahwa KPU Jabar tidak mendapat laporan mengenai kasus di Purwakarta.

Tetapi, ia mengakui sempat mendengar informasi di Kota Cirebon mengenai kotak suara yang hilang.

"Tetapi kemudian sudah bisa diatasi dan tetap dilaksanakan. Kalau laporan secara resmi tidak ada kepada kami waktu itu. Sempat mendengar tapi sudah diatasi. Di Kota Cirebon tidak ada hilang dan pemilu susulan," ujar Nina, di Kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Kamis (18/4/2019).

Nina Yuningsih mengatakan bahwa kekurangan logistik dapat diakibatkan kurangnya jumlah logistik saat distribusi, kerusakan saat proses sortir dan lipat surat suara, rusak saat perjalanan, rusak karena terkena hujan, kotor, dan lain-lain.

"Hal itu menimbulkan jumlah yang berubah. Yang rusak ditemukan pada saat akhir atau dini harinya. Untuk surat dan kotak yang hilang sebelum dan sesudah, tapi ini tidak ada laporan," katanya.

Bawaslu Cirebon Tunggu Laporan Panwascam Telesuri Kotak dan Surat Suara Hilang di TPS 7 Kalijaga

Ini Penjelasan KPU Purwakarta Terkait Surat Suara Hilang Sebelum Pemungutan Suara

Penulis: Ery Chandra
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved