Pemilu 2019

KPU Kota Cimahi Kekurangan 900 Lembar Surat Suara pada Pemilu 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi mengaku kekurangan logistik 900 lembar surat suara pada pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Cimahi.

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, saat mencoblos di TPS 118 Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Rabu (17/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi mengaku kekurangan logistik 900 lembar surat suara pada pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Cimahi.

Ketua KPU Kota Cimahi, Mochamad Irman, mengatakan, bahwa masalah tersebut dipicu pengiriman surat suara pengganti tidak dikirim secara utuh.

"Awalnya kami mengajukan sekitar 33 ribu surat suara, sesuai jumlah kerusakan untuk lima jenis pemilihan, namun pengiriman itu tidak dilakukan seluruhnya," ujar Irman saat ditemui di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Kamis (18/4/2019).

Irman menyebut, awalnya diketahui surat suara Pileg DPR RI kurang 1.112 lembar, DPD RI 104 lembar, DPRD Kota Cimahi Dapil 5 kurang 395 lembar.

Sedangkan untuk kerusakan surat suara Pilpres 2019 sudah semua diganti sebelum pencoblosan.

Saat pelaksanaan pencoblosan jumlahnya berkurang. KPU Kota Cimahi kekurangan 900 surat suara.

Prabowo Kembali Klaim Kemenangan, Kali Ini Didampingi Sandiaga Uno, Sebut dari Real Count 62 Persen

Prabowo Tak Percaya Quick Count, PKS Justru Percaya, Ini Hasil Sementara Pilpres 2019

"Dalam pelaksaan pemungutan suara kemarin, kami kekurangan logistik seperti surat suara, sehingga rencana pun kacau semua," ucap Irman.

Untuk mengantisipasi kekurangan itu, pihaknya sudah mencoba berbagai cara, seperti meminjam yang dianggap memiliki surat suara lebih atau tidak terpakai.

"Contoh seperti yang terjadi di salah satu TPS di Pasirkaliki, Cimahi Utara, kami meminjam surat suara dari TPS lain," katanya.

Ia mengatakan, kekurangan surat suara tersebut sesuai dengan informasi di lapangan karena ada para pemilih tidak bisa menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu 2019

"Kalau surat suara pemilihan presiden masih ada persediaan, kami masih punya cadangan, kalau DPRD provinsi, DPRD kota itu penggantinya dari TPS sebelah," katanya.

Bawaslu Cirebon Tunggu Laporan Panwascam Telesuri Kotak dan Surat Suara Hilang di TPS 7 Kalijaga

Menang Quick Count Pilpres 2019, Jokowi Ditemani Maruf Amin Buka-bukaan Unggul di 12 Lembaga Survei

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved