Pemilu 2019

Gara-gara Surat Suara Tertukar, Pemilihan di TPS 11 Sukajaya Garut Sempat Dihentikan Sementara

Surat suara DPRD kabupaten yang tertukar salah satunya berada di TPS 11 Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Gara-gara Surat Suara Tertukar, Pemilihan di TPS 11 Sukajaya Garut Sempat Dihentikan Sementara
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Warga di TPS 11 Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut masih menunggu untuk dipanggil memilih setelah proses pemilihan sempat dihentikan sementara karena surat suara tertukar, Rabu (17/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Surat suara DPRD kabupaten yang tertukar salah satunya berada di TPS 11 Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) sempat menghentikan pemungutan suara selama 1,5 jam.

Ketua KPPS TPS 11, Iin Solihin sangat menyesalkan tertukarnya surat suara DPRD kabupaten. Seharusnya surat suara Dapil lima yang diterima. Namun sebagian besar malah surat suara Dapil empat yang ada di TPS 11.

"Kami terima 237 surat suara. Tapi ada 123 surat suara yang terselip dari Dapil empat," ujar Iin, Rabu (17/4/2019).

Hanya ada 114 surat suara Dapil lima yang diterima pihak KPPS. Surat suara yang tertukar itu baru disadari petugas KPPS sekitar pukul 10.30.

"Akhirnya sejak jam 10.30, kami hentikan sementara pemilihan. Baru dimulai lagi jam 12.10 setelah ada surat suara susulan," katanya.

BREAKING NEWS, Ratusan Surat Suara DPRD Tertukar di Garut, Tarogong Kidul dengan Cikajang

BREAKING NEWS: Dua TPS di Lapas Garut Kurang Surat Suara hingga Ratusan Surat Suara

Wulan Guritno 2014 Dukung Prabowo, di Pilpres 2019 Bungkam, Masih Dukung atau Berpaling?

Dari 123 surat suara yang tertukar, baru 45 surat suara yang diganti KPU. Selama 1,5 jam semua proses pemilihan dihentikan.

"Pemilihan sudah dimulai lagi tapi belum maksimal. Kami masih menunggu sisa surat suara," ucapnya.

Iin menyebut, menerima logistik Pemilu pada Selasa (16/4/2019) pukul 21.00. Namun logistik tak bisa langsung diperiksa. Pemeriksaan surat suara baru bisa dilakukan pada pagi hari saat akan dilakukan pemilihan.

"Ini kan surat suaranya tercampur. Petugas juga tidak sadar. Saya juga belum tahu apakah ada yang tercoblos (surat suara Dapil empat) atau tidak. Mudah-mudahan saja tidak ada," katanya.

Iin juga masih menunggu intruksi dari KPU terkait proses pemilihan di TPS 11. Untuk warga yang masuk daftar pemilih khusus (DPK), hingga pukul 13.20 masih belum bisa memilih. Sejumlah warga pun masih menunggu giliran untuk dipanggil memilih.

Selain di TPS 11, tertukarnya surat suara juga terjadi di TPS 12 dan 13. KPU Garut belum memberikan klarifikasi terkait surat suara yang tertukar.

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved