Kompleks Masjid Al Aqsa Dilanda Kebakaran, Rekamannya Beredar di Media Sosial

Kebakaran terjadi di kompleks Masjid Al Aqsa, Senin (15/4/2019) waktu setempat.

Kompleks Masjid Al Aqsa Dilanda Kebakaran, Rekamannya Beredar di Media Sosial
istimewa
Masjid Al-Aqsa dijaga oleh polisi Israel. Muslim Palestina tak bisa beribadah di sana. 

TRIBUNJABAR.ID - Kebakaran dikabarkan melanda kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem, Senin (15/4/2019) waktu setempat.

Informasi dari rekaman yang beredar di media sosial memperlihatkan adanya asap dan api yang muncul dari sebuah bangunan yang disebut ruang salat Marwani.

Dikutik dari Kompas.com, kantor berita Otoritas Nasional Palestina, PNA, mengutip pernyataan seorang penjaga mengatakan, " Kebakaran terjadi di ruangan penjaga di luar ruang salat Marwani. Api telah dapat dipadamkan oleh pemadam kebakaran dari Wakaf Islam".

Masjid Al Aqsa merupakan bangunan masjid suci umat Muslim.

Masjid ini merupakan kiblat pertama umat Islam.

Masjid Al Aqsa kemudian menjadi pusat konflik Arab-Israel yang berkepanjangan.

Ruang salat Marwani terletak di bawah sudut tenggara Bukit Kuil atau Haram al-Sharif, yang menjadi lokasi Masjid Kubah Batu dan Masjid Al-Aqsa.

Kebakaran yang terjadi di kompleks masjid Al-Aqsa sempat tertutup berita kebakaran di Gereja Notre Dame di Paris, Perancis.

Bahkan kantor kepresidenan Palestina Mahmous Abbas, menyampaikan duka mendalam atas insiden kebakaran di Notre Dame, yang menyebabkan runtuhnya menara katedral.

"Kantor kepresidenan Palestina menyampaikan solidaritas dan simpatinya terhadap insiden kebakaran yang juga terjadi di Perancis," tambah surat kabar itu.

Sheikh Azzam al-Khatid, direktur jenderal Departemen Wakaf Yerusalem dan Urusan Masjid Al-Aqsa, menyampaikan kepada televisi Yordania, Al-Mamlaka TV, bahwa kebakaran terjadi di halaman.

Ditambahkannya, informasi awal yang dia terima menyebutkan kemungkinan kebakaran disebabkan oleh ulah anak-anak yang menyalakan api di kawasan itu.

Kompleks bangunan Al-Aqsa terletak di Kota Tua, Yerusalem Timur, yang semula diduduki oleh Yordania selama konflik Arab-Israel pada 1948, namun kini dikuasai oleh Israel sejak perang kedua pada 1967.

Tindakan Israel mencaplok keseluruhan kota Yerusalem pada 1980 telah dikecam komunitas internasional, meski monarki Yordania masih diberikan hak atas situs-situs suci Islam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebakaran Melanda Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem".

Editor: taufik ismail
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved