Demi Nyoblos di Pemilu dan Pilpres 2019, Tiga Mahasiswa Mudik dari Bandung ke Solo

tiga mahasiswa pulang kampung dari Kota Bandung ke kampung halamannya di Kota Solo demi ikut nyoblos di Pemilu 2019 dan Pilpres 2019.

Demi Nyoblos di Pemilu dan Pilpres 2019, Tiga Mahasiswa Mudik dari Bandung ke Solo
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Hermawan (21), Yoga (21) dan Latifa (22). Tiga mahasiswa pulang dari Bandung ke Solo demi bisa nyoblos di kampung halaman, Senin (15/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Meskipun Bandung sedang diguyur hujan, Senin (15/4/2019), tiga mahasiswa tetap semangat mudik ke kampung mereka di Solo.

Sekira pukul 20.16 WIB, tiga mahasiswa itu sedang menunggu bus di ruang tunggu Terminal Cicaheum, Kota Bandung.

Ketiga mahasiswa tersebut mudik bukan tanpa ada tujuan. Selain untuk bertemu keluarga, mereka pulang kampung demi menyalurkan hak pilihnya di kampung halaman saat pencoblosan di Pemilu 2019 dan Pilpres 2019, Rabu (17/4/2019).

Tiga mahasiswa itu adalah Hermawan (21), Yoga (21) dan Latifa (22) yang mengaku kuliah di satu universitas swasta di Kota Bandung.

Mereka nampak menggendong tas ransel masing-masing serta menjinjing sebuah kresek yang berisi oleh-oleh.

Hermawan mengaku rela pulang kampung dari Kota Bandung ke kampung halamannya di Kota Solo demi ikut nyoblos di Pemilu 2019 dan Pilpres 2019.

"Mudik ini sebenernya dalam rangka untuk bertemu keluarga karena libur panjang, selain itu juga sebagai warga negara yang baik dan mentaati ya ikut nyoblos juga," ujar Hermawan kepada Tribun Jabar di Terminal Cicaheum Kota Bandung, Senin (15/4/2019).

DPT Purwakarta Tiba-tiba Bertambah 180 Orang di KPU RI, KPU Purwakarta Rapat Pleno Lagi

Masih Terpasang Selang Oksigen dan Infus, Bigman Sirait Coblos di Ambulans di Singapura

Menurutnya, perjalanan dari Bandung ke Solo butuh waktu 13 jam. Ia masih punya waktu sehari istirahat sebelum pencoblosan.

Hermawan mengaku tak akan menyia-nyiakan hak pilihnya apalagi sudah mantap menentukan pilihan capres dan cawapres.

Begitu pula Latifa. Ia menyatakan rela mudik malam hari ke kampung halamannya itu demi menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara yang baik. Ia mengaku tidak mau golput.

"Pulang ya karena kita punya hak pilih, kita warga negara yang baik dan jujur agar enggak gimana gitu, kalau misalkan saya warga Indonesia tapi ga milih sedangkan orang-orang yang di luar sana tuh pada berjuang buat milih," ujarnya.

Latifa pun enggan menggunakan formulir A5 sebagai formulir pemilih dari luar wilayah. Menurutnya, formulir A5 hanya dapat memilih capres dan cawapres.

"Jawa Tengah sendiri masih butuh suara untuk DPR, DPRD," ujar Latifa.

Sesuai jadwal, tiga mahasiswa itu berangkat dari terminal Cicaheum Kota Bandung sekitar pukul 21.00 WIB dan diperkirakan sampai Kota Solo pada Selasa (16/4/2019) pagi sekitar pukul 10.00 WIB 

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved