Untuk Bisa Melayani Kesehatan Masyarakat, Unisba Targetkan Bangun Rumah Sakit Pendidikan

Memperingati hari jadi ke-15, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung (FK Unisba) berencana mendirikan rumah sakit pendidikan di Bandung Raya

Untuk Bisa Melayani Kesehatan Masyarakat, Unisba Targetkan Bangun Rumah Sakit Pendidikan
Tribun Jabar/Cipta Permana
Rektor Unisba, Edi Setiadi memberikan sambutan dalam rangka pembukaan milad FK Unisba Ke-15 di Gedung FK Unisba, Jalan Tamansari, Bandung, Sabtu (13/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Memperingati hari jadi ke-15, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung (FK Unisba) berencana mendirikan sebuah rumah sakit pendidikan di wilayah Bandung Raya.

Rumah sakit tersebut diharapkan mampu memfasilitasi bukan hanya sebagai sarana kegiatan belajar para mahasiswanya, tetapi juga dapat melayani kesehatan masyarakat di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) seperti saat ini.

Rektor Unisba, Edi Setiadi mengatakan, tahun 2019 ini pihaknya tengah memfokuskan pada pencarian lokasi yang tepat dan sesuai dengan peruntukan rumah sakit pendidikan yang setara dengan rumah sakit tipe C.

Sehingga ia berharap, pada tahun 2021 mendatang target tersebut dapat terealisasi, dan dapat lebih meningkatkan prestasi mahasiswa FK Unisba.

Menurut Edi, kompetensi lulusan para mahasiwanya tidak perlu diragukan, sebab sebagian besar selalu berhasil mendapat prestasi di atas rata-rata nilai kompetensi dokter secara nasional.

"Untuk sarana kegiatan belajar mahasiswa kedokteran sebetulnya kami tidak terlalu khawatir, sebab kami sudah bekerja sama dengan sebelas rumah sakit jejaring yang ada di Kota/Kabupaten Bandung. Hanya saja sarana dan pra sarana secara mandiri saja yang belum kami miliki, maka dengan hadirnya rumah sakit pendidikan, Unisba akan mampu bersaing di tingkat perguruan tinggi secara global," ujarnya di Gedung FK Unisba, Jalan Tamansari Bandung, Sabtu (13/4/2019).

Kisah Mahasiswi Cantik Jadi Ajudan Ridwan Kamil Selama Sepekan, Ini yang Membuatnya Senang

Selain menargetkan, berdirinya rumah sakit pendidikan, Edi pun menekankan pada penerapan kurikulum islamic value, yaitu mengetengahkan aspek kompetensi keilmuan sekaligus akhlakul karimah yang tinggi, sesuai dengan ciri khas mahasiswa dan lulusan Unisba.

"Target kami secara universitas di milad 15 FK ini, tentu saja ingin adanya peningkatan kompetensi dan jabatan atau pangkat dari para dosen. Oleh karena itu, kami selama ini kami senantiasa terus mendorong terwujudnya hal tersebut, seperti halnya program percepatan guru besar, dan program lainnya dalam upaya," ucapnya

Sementara itu di lokasi yang sama, Dekan FK Unisba, Ieva B Akbar menambahkan, rencana pendirian rumah sakit pendidikan Unisba, harus juga mampu menampung semua kasus jenis penyakit yang ada di masyarakat.

Atlet Cantik dari Generasi Milenial Ini Sudah Banyak Raih Prestasi, Ini Medali & Penghargaannya

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved