H-5 Pencoblosan Pemilu, Sejumlah TPS Rawan Banjir Direlokasi, Ada di Kawasan Bandung Timur

Wakil Wali Kota Bandung meninjau persiapan Pemilu 2019 ke kantor serta gudang logistik KPU.

H-5 Pencoblosan Pemilu, Sejumlah TPS Rawan Banjir Direlokasi, Ada di Kawasan Bandung Timur
Tribun Jabar/Cipta Permana
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dan Ketua KPU Kota Bandung, Suharti berfoto di Kantor KPU Kota Bandung, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Jumat (12/4/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meninjau ke kantor serta gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung.

Upaya tersebut dalam rangka memastikan kesiapan sarana dan prasarana jelang penyelenggaraan Pemilu 2019.

Usai tinjuannya, Yana Mulyana mengatakan, hingga H-5 pelaksanaan pesta demokrasi di Kota Bandung, distribusi logistik yang dilakukan ke seluruh kecamatan sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan jadwal perencanaan yang di tentukan.

"Kami (Pemerintah Kota Bandung) hadir itu hanya lebih memastikan barangkali ada hambatan dalam upaya distribusi logistik ini, maka insya Allah nanti akan kami support penyelenggara pemilu atau dalam hal ini KPU, untuk semua bisa berjalan sebaik-baiknya," ujarnya di Kantor KPU Kota Bandung, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Jumat (12/4/2019).

Berdasarakan laporan yang diterimanya, kesiapan telah dilakukan dari aspek SDM penyelenggara Pemilu di tingkat aparat kewilayahan.

Meski demikian pihaknya akan tetap melakukan pemantauan bersama KPU Kota Bandung untuk memastikan dan meminimalisir hambatan yang terjadi sekecil apapun dalam pelaksanaan pemilihan.

"Bahkan nanti untuk melakukan pemetaan di wilayah-wilayah yang jumlah dan tingkat partisipasi masyarakatnya tinggi, akan dibentuk tim monitoring. Tim ini terdiri dari tiga kelompok yang terbagi dalam tiga wilayah yaitu, wilayah barat, tengah, dan timur, dengan masing-masing dipimpin oleh Mang Oded, saya, dan Pak Ema serta semua jajaran SKPD Pemkot Bandung lainnya juga ikut dilibatkan" ucapnya.

Disinggung mengenai titik-titik tempat pemungutan suara (TPS) yang merupakan wialyah rawan bencana, salah satunya banjir, Yana menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh aparat kewilayahan untuk mengantisipasi hal tersebut.

"Jadi sekecil apapun potensi masalah yang terjadi, kami sudah coba atasi dan diminimalisir oleh teman-teman di ke wilayahan bersama penyelenggara pemilu. Ya, mudah-mudahan ke depan cuaca dapat terus mendukung," katanya.

Ketua KPU Kota Bandung, Suharti menambahkan, guna antisipasi potensi kerawanan bencana, pihaknya telah melakukan relokasi terhadap beberapa TPS ke tempat yang dinilai lebih aman.

"Jadi TPS yang rawan banjir sudah di relokasi ke tempat yang sekiranya aman, sehingga tidak lagi menggunakan TPS lama seperti yang tercantum dalam peta draf awal. Yang kemarin melaporkan baru di Ujungberung, Cibiru, dan Mandalajati yang TPS-nya di pindahkan tapi tidak jauh dari lokasi semula," ujarnya di lokasi yang sama.

Suharti menambahkan, persiapan jelang H-5 Pemilu 2019 telah mencapai 95 persen. Pihaknya saat ini tengah menunggu datangnya penggantian surat suara yang rusak dan tambahan surat suara bagi TPS berbasis daftar pemilih tambahan (DPTb) di dua rumah sakit, yakni Rumah Sakit Santosa, dan RSHS Bandung dari KPU Pusat.

Di mana berdasarkan informasi yang diterimanya, sekitar 9.000an surat suara tersebut baru akan dikirimkan satu atau dua hari ke depan.

"Terkait distribusi logistik tinggal sepuluh kecamatan lagi yang belum terdistibusikan, mudah-mudahan dalam dua hari ini bisa selesai. Dan H-1 sudah bisa didistribusikan ke KPPS di kewilayahan," katanya.

Ketua KPU Arief Budiman Minta Publik Tak Buru-buru Ambil Kesimpulan Soal Surat Suara Tercoplos

4 Titik di Sumedang Ini Dijaga Pasukan Pengamanan dalam Jumlah Besar Selama Pemilu, Ini Alasannya

Penulis: Cipta Permana
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved