VIDEO TANGKI SEPTIC TANK KOMUNAL di Rumah Padat Penduduk

Pengerjaan 1 bulan, dimulai dari bulan Januari, selesai dan bisa digunakan bulan Februari

TANGKI SEPTIC TANK komunal upaya pemerintah Kota Bandung untuk menjaga kelestarian aliran sungai dari limbah kotoran limbah manusia.

Tangki septi tank komunal ini berada di rumah padat penduduk yang berlokasi di RT5/5, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung.

Saat Tribun Jabar dilokasi tangki septi tank komunal tersebut, berada dilokasi rumah padat penduduk yang menempati lahan bekas lapang seluas 36 meter persegi.

18 lubang menjadi tempat untuk pengontrolan bak penyaring yang didalam terdapat tiga unit bak, guna menyaring limbah kotoran manusia dengan kedalam kurang lebih tujuh meter.

Uniknya tangki septi tank tersebut tidak menimbulkan bau ke permukiman warga.

Ketua RT5, Kelurahan Panjunan, Maman Suherman (57) mengatakan keberadaan tangki septi tank komunal ini sudah lama berada didaerahnya tersebut.

"Pengerjaan 1 bulan, dimulai dari bulan Januari, selesai dan bisa digunakan bulan Februari," ujar Maman kepada Tribun Jabar dilokasi, Kamis (11/4/2019).

Maman mengaku tangki septi tank komunal ini bermanfaat bagi 100 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa sekitar 300 orang.

Dilokasi septi tank yang bersebelah dengan kantor RW tersebut terdapat kursi sofa dan meja sebagai tempat berkumpul warga terutama menjadi tempat bermain anak-anak sekitar.

Tempat septi tank komunal itu dikelilingi tembok dipercantik dengan mural oleh tangan-tangan kreatif bergambar tokoh cepot serta terdapat tulisan "Citarum Harum" dan "Buanglah Sampah Pada...Tempatnya, Sebelum Sampah Membuang Anda Pada !!! Tempatnya".

Video dan artikel lainnya klik link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=hxx8QKhi_V8&feature=youtu.be
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved