Jaksa KPK Pastikan Saksi Billy Sindoro Tak Perlu Hadir di Sidang Kasus Suap Meikarta, Ini Alasannya

Jaksa KPK yang tangani suap Meikarta, pastikan tidak akan menghadirkan Billy Sindoro di persidangan lima terdakwa penerima suap Rp 16 miliar lebih

Jaksa KPK Pastikan Saksi Billy Sindoro Tak Perlu Hadir di Sidang Kasus Suap Meikarta, Ini Alasannya
Tribunjabar/Mega Nugraha
Sidang kasus suap Meikarta di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (10/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menangani kasus suap proyek Meikarta, memastikan tidak akan menghadirkan Billy Sindoro di persidangan dengan lima terdakwa penerima suap senilai Rp 16 miliar lebih.

Yakni eks Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, Kadis PUPR Jamaludin, Kadis PTSP Dewi Tisnawati, Kadis Pemadam Kebakaran Sahat Maju Banjarnahor, dan Kabid Penataan Ruang PUPR Neneng Rahmi Nurlaili.

"Sejauh ini tidak akan dipanggil sebagai saksi," ujar jaksa KPK I Wayan Riyana saat dihubungi Kamis (11/4/2019).

Billy Sindoro sudah divonis bersalah karena memberi suap pada para terdakwa terkait pengurusan izin proyek Meikarta. Dia dipidana penjara selama 3,5 tahun oleh Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung.

"Keterangan Billy sudah kami ketahui jadi tidak diperlukan kesaksian untuk terdakwa Neneng," ujar I Wayan saat ditanya alasan kenapa Billy Sindoro tidak jadi saksi.

Mantan Bupati Bekasi akan Melahirkan Bayinya di Penjara Pekan Depan, Sidang Kasus Meikarta Ditunda

Dalam perkara suap ini, Billy Sindoro disebut terlibat dalam pemberian uang untuk para terdakwa.

Penyerahan uang dilakukan oleh Fitradjaja Purnama, Taryudi dan Henry Jasmen yang juga sudah divonis bersalah bersamaan dengan Billy Sindoro.

"Kalau keterangan Bu Neneng Hasanah Yasin kan sudah jelas dijanjikan akan diberikan Rp 2 miliar tapi kalau Billy sindoro kan mengelak," ujar I Wayan.

Kepastian tidak menghadirkan Billy Sindoro sebagai saksi juga terlihat dari persidangan selanjutnya yang mengagendakan tuntutan untuk lima terdakwa.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved