65 TPS di Andir Baleendah Ada di Lokasi Banjir, Begini Skenario jika 17 April 2019 Diterjang Banjir

Camat Baleendah Meman Nurjaman menuturkan ada sekitar 65 TPS di Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung

65 TPS di Andir Baleendah Ada di Lokasi Banjir, Begini Skenario jika 17 April 2019 Diterjang Banjir
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Tiga kecamatan di sekitar Sungai Citarum yang dilanda banjir itu adalah Kecamatan Baleendah, Bojongsoang, dan Dayeuhkolot. Ribuan warga terpaksa mengungsi, Selasa (9/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, BALEENDAH - Camat Baleendah Meman Nurjaman menuturkan ada sekitar 65 TPS di Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung yang rawan terendam banjir.

Oleh karena itu pihak Kecamatan Baleendah akan memindahkan TPS tersebut ke tempat yang lebih aman dari banjir.

"Kami sepakat muspika bersama PPK (Panitia Pemilu Kecamatan) dan Panwas Kecamatan dan kami juga konsultasi ke KPU Kabupaten Bandung untuk bisa menempatkan TPS itu dengan asumsi pada tanggal 17 adalah banjir," ujarnya di Gedung Inkanas Baleendah, Kabupaten Bandung, Kamis (11/4/2019).

Oleh karena itu pihaknya sudah membuat alternatif masing-masing TPS pada posisi aman. Namun posisi TPS baru tersebut akan lebih jauh dengan domisili penduduk yang bersangkutan.

"Untuk itu kita sosialisasikan, mendorong serta memotivasi agar masyarakat tetap memberikan suaranya di hari H nanti. Jangan bencana banjir ini menurunkan tingkat partisipasi masyarakat. Kita ingin pemilu tetap berjalan aman dan berkualitas," ungkapnya.

Untuk itu pemerintah telah menyiapkan skenario dengan menyiapkan sejumlah perahu di lokasi banjir. Untuk membantu evakuasi warga agar memudahkan warga menuju lokasi TPS.

Umuh Muchtar Bocorkan Siapa Pemain Asing Asia yang Direkrut Persib Bandung, Tiba Pekan Depan

"Kalau memang terjadi banjir nanti kita sudah inventarisir ada berapa perahu yang disiagakan dan kami mintakan beberapa stakeholder agar bisa menyediakan kendaraan untuk membantu evakuasi menuju tempat pencoblosan nanti," tuturnya.

Sementara untuk pemilih di tempat pengungsian sendiri pihak kecamatan masih menjalin koordinasi dengan KPU Kabupaten Bandung apakah nantinya akan membangun TPS di pengungsian atau tidak.

"Kami masih konsultasi dengan KPU, yang pasti untuk saat ini kami masih terus memotivasi warga agar tetap bisa menycoblos dan banjir ini tidak menurunkan partisipasi warga," ujarnya.

Pondok Pesantren Ini Siap Tampung Caleg Stres yang Gagal Lolos dalam Pemilu 2019

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved