Warga Terdampak Banjir Dayeuhkolot Mengaku Kesulitan Air Bersih

Dilanda banjir warga mengaku kesulitan mendapat air bersih, oleh karena itu warga sangat terbantu dengan adanya mobil water treatment milik Basarnas K

Warga Terdampak Banjir Dayeuhkolot Mengaku Kesulitan Air Bersih
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Tiga kecamatan di sekitar Sungai Citarum yang dilanda banjir itu adalah Kecamatan Baleendah, Bojongsoang, dan Dayeuhkolot. Ribuan warga terpaksa mengungsi, Selasa (9/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, BALEENDAH - Dilanda banjir warga mengaku kesulitan mendapat air bersih, oleh karena itu warga sangat terbantu dengan adanya mobil water treatment milik Basarnas Kantor SAR Bandung tersebut, Rabu (10/4/2019).

"Alhamdulillah terbantu buat wudhu, buat minum, buat makan bikin mi, bikin kopi buat jualan-jualanlah," ujar Unung (65) warga Kelurahan Andir, Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung di lokasi.

Unung mengaku karena banjir seperti ini banyak warga yang kesulitan air bersih. Ditambah beberapa hari ini kata Unung sering terjadi mati lampu jadi sulit mendapat air bersih.

"Biasanya saya beli untuk sehari-hari, buat jualan. Sehari bisa beli empat jerigen ukuran 5 liter harganya Rp 5 ribu jadi sehari bisa mencapai Rp 20 ribu per hari untuk air saja," katanya.

Salurkan Air Bersih di Lokasi Baniir, Basarnas Kantor SAR Bandung Terjunkan Mobil Water Treatment

PT Pupuk Kujang Sebut Stok Pupuk untuk Wilayah Cirebon Capai Lebih dari 7.000 Ton

Unung mengaku untuk membeli air bersih ini dirinya juga harus melewati banjir menggunakan perahu atau delman karena kondisi air di Jalan Anggadireja Taman Kota dan Jalan Raya Dayeuhkolot-Banjaran belum bisa dilalui kendaraan bermotor.

Warga lainnya Sutisna (51) mengaku bisa mendapat air bersih gratis dari Basarnas. Pasalnya di tengah kondisi banjir seperti ini dirinya sangat kesulitan mendapatkan air bersih.

"Awalnya agak ragu sih soalnya airnya dari Citarum kan kotor gitu, tapi setelah dijelaskan dan airnya juga bersih jadi ya diambil saja. Paling katanya kalau untuk diminum atau memasak harus dimasak lagi," ungkapnya.

Sule Ngaku Suka Video Call Bareng: Lihat Saja Apakah Saya Jadinya Sama Baby Shima atau Naomy Zaskia

Gara-gara Banjir, Aktivitas Warga Green Sukamanah Residence Lumpuh dan Tak Bisa Kerja

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved